Cile hingga Amerika, Para Juara yang Gagal Terbang ke Rusia

Sepak bola bukan hitungan matematika

Peru dipastikan masuk ke dalam 32 daftar negara yang lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Hasil itu didapat setelah menang secara agregat 1-0 atas Selandia Baru pada laga play off. 

Hal tersebut tentu juga membawa kabar gembira bagi Peru setelah terakhir lolos di tahun 1982. Berbanding terbalik, Selandia Baru justru harus menelan pil pahit. Hasil ini cukup ironis mengingat Selandia Baru adalah juara di Oseania. 

Berikut adalah daftar beberapa negara yang menjadi kampiun di regional, tapi babak belur saat kualifikasi Piala Dunia.

1. Selandia baru

Cile hingga Amerika, Para Juara yang Gagal Terbang ke Rusianzfootball.co.nz

Tim berjuluk The All Whites ini tampil mengesankan pada Piala Oseania 2016 lalu. Seperti diketahui, turnamen yang juga dijadikan sebagai kualifikasi Piala Dunia 2018 tersebut dijuarai oleh Selandia Baru setelah berhasil menumbangkan Papua Nugini dalam drama adu penalti (4-2).

Namun, peraturan yang mengharuskan juara Oseania menjalani babak play-off membuat jalan mereka menjadi terhambat. Pada pertandingan play-off, mereka takluk dari Peru.

2. Amerika Serikat (AS)

Cile hingga Amerika, Para Juara yang Gagal Terbang ke Rusiaussoccer.com

Bertindak sebagai tuan rumah tentu dimanfaatkan dengan baik oleh AS pada gelaran Piala Emas CONCACAF 2017 bulan Juli lalu. Nahas, sebagai juara, The Yaks justru gagal merasakan rumput Rusia. Hal itu dipastikan setelah mereka kalah dari tim juru kunci, Trinidad & Tobago dengan skor 1-2 pada laga pamungkas kualifikasi Zona CONCACAF .

Baca juga: Subur, Ini 5 Pemain Asia dengan Gol Terbanyak di Liga Inggris

3. Cile

Cile hingga Amerika, Para Juara yang Gagal Terbang ke Rusiamirror.co.uk

Satu tiket ke Rusia juga gagal didapatkan oleh sang pemegang gelar Piala Copa America 2016, Cile. Alexis Sanchez dan kawan-kawan harus mengubur mimpi ke Piala Dunia.

Adalah Brasil yang menjadi penjegal langkah mereka. Pada laga terakhir fase kualifikasi, Cile takluk dengan skor 3-0. 

4. Kamerun

Cile hingga Amerika, Para Juara yang Gagal Terbang ke Rusiaespnfc.com

Menyakitkan, mungkin kata yang tepat untuk Kamerun. Mampu boyong Piala Afrika 2017, Kamerun justru gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Koleksi lima gelar piala Afrika nyatanya tak menjadi jaminan mereka bisa dengan mudah lolos. Sebaliknya, Mesir yang mereka kalahkan dalam laga final Piala Afrika justru mampu mengantongi satu tiket ke Rusia.

Baca juga: Gagal Lolos Piala Dunia, Begini Kekecewaan Warganet Italia

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya