2 Grup Neraka di Cabor Sepak Bola Panaskan Olimpiade Tokyo

Brasil bersua Jerman di penyisihan

Jakarta, IDN Times - Undian babak penyisihan cabang olahraga sepak bola Olimpiade Tokyo 2020, rampung dihelat di markas besar FIFA di Zurich, Swiss, Kamis (21/4/2021).

Sebanyak 16 tim dari lima benua telah diundi dan terbagi ke dalam empat grup. Masing-masing grup bakal dihuni empat kontestan.

Walau terbilang berimbang, hasil undian menunjukkan adanya persaingan sengit di beberapa grup. Boleh dibilang, beberapa negara harus bersaing lebih ketat di grup neraka tersebut.

Baca Juga: Pandemik di Jepang Semakin Parah, Olimpiade Mungkin Dibatalkan Lagi

1. Brasil dan Jerman masuk grup neraka

Persaingan Grup D cukup menyita perhatian. Bagaimana tidak, Brasil yang dijuluki sebagai tim spesialis turnamen, bakal bersua Jerman, klub kuat asal Eropa. Selain persaingan keduanya, grup ini juga bakal dihuni Pantai Gading (Afrika) dan Arab Saudi (Asia).

Pertarungan yang diprediksi berjalan alot juga kemungkinan terjadi di Grup C. Spanyol bakal bersaing ketat dengan Argentina, ditambah keduanya juga bakal mendapat perlawanan dari Mesir dan Australia.

2. Setiap negara hanya boleh menggunakan tiga pemain senior

2 Grup Neraka di Cabor Sepak Bola Panaskan Olimpiade TokyoTwitter/FIFA

Walau negara-negara kuat ini dipastikan mentas di Olimpiade Tokyo, tak banyak pemain bintang yang tampil di ajang multievent terbesar dunia ini. Maklum, usia pemain yang boleh tampil dibatasi, harus di bawah 23 tahun.

Hanya tiga pemain senior saja yang boleh masuk skuad negaranya. Hal itu pernah dilakukan beberapa bintang lapangan hijau, salah satunya Neymar Junior saat tampil memikat dengan membawa Brasil meraih medali emas di Olimpiade Rio 2016 silam.

3. Cabang olahraga sepak bola digelar di enam stadion

2 Grup Neraka di Cabor Sepak Bola Panaskan Olimpiade TokyoTwitter.com/SkySport

Rencananya cabang olahraga sepak bola bakal dimulai lebih dulu dari pembukaan. Sepak mula babak penyisihan dilangsungkan pada 22 Juli 2021, sehari sebelum opening ceremony digelar. Sementara, laga final akan berlangsung pada 7 Agustus 2021.

Jepang sebagai tuan rumah sudah menyiapkan enam stadion untuk cabor sepak bola, salah satunya adalah International Stadium Yokohama.

4. Kategori wanita juga bakal hadirkan persaingan seru

2 Grup Neraka di Cabor Sepak Bola Panaskan Olimpiade TokyoFIFA.com/Getty Images

Selain hasil undian cabang olahraga sepak bola pria, FIFA juga merampungkan undian untuk kategori wanita. Sejumlah tim harus bersaing di grup yang berat.

Amerika Serikat yang merupakan langganan juara, harus bertemu Swedia dan Australia yang juga punya prestasi bagus di Olimpiade. Mereka tergabung di Grup G bersama Selandia Baru.

Tak ayal, duel tim sepak bola wanita pun bakal sangat di tunggu oleh para penggemar olahraga dunia.

 

Hasil undian fase grup untuk tim wanita:

Grup E
Jepang
Kanada
Britania Raya
Chile

Grup F
China
Brasil
Zambia
Belanda


Grup G
Swedia
Amerika Serikat
Australia
Selandia Baru

Baca Juga: 100 Hari Jelang Olimpiade, KOI Targetkan Tambah Atlet Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya