2 Hari Lagi PSG Tentukan Status Mbappe dan Neymar 

PSG aktifkan klausul pembelian kembali Xavi Simons

Jakarta, IDN Times - Paris Saint-Germain (PSG) bakal segera menentukan masa depan Kylian Mbappe dan Neymar di Paris. Klub nampaknya punya opsi menjual keduanya atau mempertahankan salah satu saja bakal pada bursa transfer musim panas 2023.

Pakar transfer sekaligus jurnalis kenamaan Italia, Fabrizio Romano, menyebut jika masa depan Mbappe dan Neymar bakal ditentukan pada Selasa, 18 Juli 2023. Sebab, hal itu bakal menentukan nasib Xavi Simons.

Sebelumnya, PSG resmi mengaktifkan klausul pembelian kembali Xavi Simons dari PSV Eindhoven dengan mahar enam juta Euro atau Rp101 miliar. Namun, statusnya tergantung kepada keputusan klub soal masa depan Mbappe dan Neymar.

1. Masa depan Xavi Simons di PSG tergantung Mbappe dan Neymar

2 Hari Lagi PSG Tentukan Status Mbappe dan Neymar Xavi Simons bermain bersama PSV. (twitter.com/xavisimons)

Masih menurut Fabrizio, PSG punya dua opsi soal status Xavi Simons di PSG musim depan. Dia bisa masuk dalam skuad Les Parisien andai salah satu dari Mbappe dan Neymar angkat kaki.

Namun, jika pada akhirnya kedua pemain itu bertahan, dia bisa dipinjamkan ke klub lain. Sejauh ini RB Leipzig sudah secara terbuka siap menampungnya. 

Oleh sebab itu, PSG tak mau terombang-ambing oleh rumor yang mengganggu persiapan tim musim depan. Mereka bakal menentukan sikap agar persiapan yang dilakukan pelatih Luis Enrique juga berjalan maksimal dalam pramusim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal PSV Eindhoven pada 2022/2023, Termasuk Xavi Simons

2. PSG tak punya banyak pilihan soal status Mbappe

2 Hari Lagi PSG Tentukan Status Mbappe dan Neymar Kylian Mbappe (en.psg.fr)

PSG tak mendapat banyak pilihan soal status Mbappe. Saat sang pemain tinggal meyisakan kontrak satu tahun lagi, dia justru enggan mengaktifkan opsi perpanjangan kontrak. Alhasil, hal itu membuat klub hanya punya opsi menjualnya.

Sebab, jika tak bisa melego Mbappe pada bursa transfer musim panas ini, PSG hampir dipastikan tak bisa mendapatkan uang dari hasil penjualannya.

Itu tentu jadi kerugian bagi klub, karena sudah mengeluarkan banyak biaya sebelumnya demi memagari pemain asal Prancis itu. Apalagi, Real Madrid dirumorkan siap meminangnya. Itu jadi salah satu pertimbangan PSG mendapatkan dana segar.

3. Neymar bermasalah dengan kondisi kebugarannya

2 Hari Lagi PSG Tentukan Status Mbappe dan Neymar Neymar. (bleacherreport.com)

Sementara, Neymar sebetulnya punya opsi bertahan di PSG lebih besar. Dia bahkan sudah menjalani tes medis untuk segera bergabung dengan tim untuk jalani pramusim. Namun, dia diprediksi tak mendapat banyak jatah tampil lantaran kondisi kebugaran yang masih diragukan. 

Kondisi itu pulah yang membuat fans PSG jengkel. Performa sang pemain tak menentu lantaran dinilai lebih banyak menepi karena cedera dibandingkan membantu tim meraih prestasi. Catatan penampilannya pun selama enam tahun di sana selalu di bawah 30 laga.

Kans Neymar pergi juga masih terbuka, mengingat ada beberapa klub yang dirumorkan berminat menampungnya. Salah satunya adalah raksasa Premier League Manchester United.

Jadi, PSG pilih Kylian Mbappe, Neymar, atau Xavi Simons untuk jadi andalan di musim depan? semuanya tergantung dari keputusan tim.

Baca Juga: Mbappe Kena Serangan Balik: Gak Ada Gunanya di PSG!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya