3 Kali Gagal Uji Coba, Timnas U-19 Pilih Gelar Game Internal

Timnas U-19 melakukan persiapan menuju Piala AFC U-19 2021

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 dipastikan kembali menggelar game internal. Hal itu dilakukan karena sudah memasuki pekan kedua pemusatan latihan (TC) di Spanyol, skuat Garuda Muda gagal lagi menggelar uji tanding.

Pandemik COVID-19 yang masih melanda Negeri Matador memengaruhi jadwal uji tanding tim besutan Shin Tae-yong.

"Kami berencana kembali melakukan laga internal game besok karena kami belum dapat menjalani uji coba," kata pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong dalam laman resmi PSSI, Sabtu (9/1/2020).

1. Timnas U-19 gagal menjalani tiga kali uji coba

3 Kali Gagal Uji Coba, Timnas U-19 Pilih Gelar Game InternalShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Walau masih mengalami kegamangan, pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong terus melecut semangat anak asuhnya. Gagal menjalani dua laga uji coba yang sebelumnya sudah direncanakan, David Maulana dan kolega masih diberi menu latihan variatif agar antusias menjalani latihan.

"Kami terus berlatih penuh semangat, kerja keras dan pemain terus kami asah kemampuannya," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Penundaan laga uji coba Timnas U-19 ini tercatat sudah terjadi selama dua kali. Pada Minggu, 3 Januari 2021, mereka gagal bentrok dengan Gimnastic Tarragona di Stadion Gimnastic Tarragona. Kemudian jadwal diundur menjadi 7 Januari 2021.

Dua hari berselang, tepatnya pada Selasa, 5 Januari 2021, Timnas U-19 juga urung beruji tanding melawan Lleida Esportiu U-19 di Stadium of CE Futbol Salou.

Laga melawan Gimnastic Tarragona yang sejatinya digelar pada 7 Januari pun kembali urung digelar. Protokol kesehatan yang ketat di Spanyol membuat laga itu batal digelar.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 Pengaruhi Jadwal Uji Coba Timnas U-19 di Spanyol

2. Pemain Persija nikmati TC di Spanyol

3 Kali Gagal Uji Coba, Timnas U-19 Pilih Gelar Game InternalPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Sementara itu, pemain belakang Timnas U-19 Salman Alfarid mengaku menikmati semua materi latihan tim pelatih. Dua pekan berada di Spanyol ia pun sudah dapat beradaptasi dengan cuaca dingin di sana.

"Alhamdulillah hingga saat ini belum ada kendala berarti untuk saya dan teman-teman di sini. Kami berharap TC ini berjalan lancar dan kemampuan kami meningkat ke depannya," kata pemain Persija tersebut.

3. PSSI masih berkomitmen bangun Timnas U-19

3 Kali Gagal Uji Coba, Timnas U-19 Pilih Gelar Game InternalLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga mengatakan, PSSI tetap berkomitmen terhadap Timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke 2023, pemain ini adalah cikal bakal timnas U-23 maupun timnas senior nantinya.

"Kami berharap pemain terus bersemangat dan terus bekerja keras. TC Spanyol juga jadikan ajang untuk menambah pengalaman, skill, fisik dan lain-lainnya," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule itu.

Iriawan juga mengingatkan, para pemain boleh bosan dan jenuh dalam menjalani latihan. Menurut dia, hal itu semata-mata demi mengeluarkan performa terbaik mereka.

Timnas Indonesia U-19 sendiri, direncanakan menjalani TC di Spanyol sampai dengan 31 Januari 2021. TC ini merupakan persiapan Indonesia U-19 untuk berlaga di Piala AFC U-19 pada Maret 2021 di Uzbekistan.

Baca Juga: Ini Jadwal Uji Coba Timnas U-19 di Spanyol

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya