4 Fakta Menarik Pada Pekan Pembuka Liga 1 2020

Madaura United berhasil buat beberapa catatan di Liga 1 2020

Jakarta, IDN Times - Liga 1 2020 dimulai dengan laga pembuka antara tuan rumah Persebaya melawan Persik, Sabtu (29/2). Tim-tim besar seperti Persib, Persija, Persipura, sampai Arema FC akan menjalani debut mereka musim ini hingga Senin (2/3) mendatang.

Pada beberapa pertandingan pembuka, banyak catatan menarik yang terjadi. Berikut adalah fakta-fakta Liga 1 2020 yang berhasil dihimpun IDN Times dari Liga 1 Statistics:

1. Jaimerson da Silva Xavier jadi pencetak gol pertama di Liga 1 2020

4 Fakta Menarik Pada Pekan Pembuka Liga 1 2020Instagram.com/maduraunited.fc

Pemain belakang Madura United Jaimerson da Silva menjadi orang pertama yang membuka keran gol di Liga 1 musim ini. Pemain berpaspor Brasil tersebut mampu membawa timnya unggul cepat saat memasuki menit ketujuh pada pertandingan melawan Barito Putra di Stadion Gelora Maduran Ratu Pamelingan, Sabtu (29/2).

Berawal dari tendangan bebas yang didapatkan tuan rumah. Bruno Matos yang jadi eksekutor, mampu melepaskan umpan matang ke dalam kotak penalti. Jaimerson yang tinggi menjulang, sudah menunggu di kotak penalti dan berhasil menjangkau bola dengan kepalanya yang langsung merobek gawang Barito Putra.

Setelah itu, Madura United semakin garang. Mereka mampu menambah keunggulan lewat brace Alberto Goncalves, dan satu gol Bruno Matos untuk unggul 4-0 dalam duel tersebut sekaligus meraih tiga poin pertama di kompetisi musim ini.

2. Madura United selalu meraih kemenangan saat mengawali kompetisi pada lima musim terakhir

4 Fakta Menarik Pada Pekan Pembuka Liga 1 2020Pemain Madura United melakukan selebrasi dalam laga perdana Liga 1 2020 saat menaklukan Barito Putera 4-0, Sabtu (29/2). (ANTARA FOTO/Saiful Bahri/aww)

Keberhasilan menundukkan Barito Putra pada laga perdana mereka di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air bukan lah hal baru bagi skuat Laskar Sape Kerrab. Sudah sejak lima musim terakhir mereka selalu meraih kemenangan.

Musim lalu, mereka berhasil menang telak 5-1 atas Persela. Pada kompetisi Liga 1 2018, Barito Putera juga jadi korban keganasan Madura United di laga perdana setelah takluk 3-1. Sedangkan, saat memulai Liga 1 2017, mereka tak kesulitan untuk menumpas Bali United 2-0. Hasil serupa pun diraih mereka saat tampil di TSC 2016 melawan PS TNI (TIRA-Persikabo).

Catatan impresif tersebut diikuti dengan fakta jika Madura United selalu mencetak minimal dua gol saat memulai kompetisi.

3. OK John jadi pemain pertama yang menerima kartu kuning di Liga 1 musim ini

4 Fakta Menarik Pada Pekan Pembuka Liga 1 2020Pemain Barito Putera, OK John. (Instagram/@o.k.john)

Pemain naturalisasi OK John yang notabene merupakan mantan penggawa Madura United, harus menerima kartu kuning perdana saat timnya Barito Putera bersua mantan timnya itu. Ia melakukan pelanggaran pada menit ke-34 saat timnya sudah tertinggal tiga gol.

Musim lalu, catatan serupa didapatkan pemain lokal Alfin Tuasalamony. Alfin diganjar kartu kuning dalam laga pembuka melawan PSS yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

4. Laga antara Persebaya melawan Persik disaksikan langsung 50 ribu suporter

4 Fakta Menarik Pada Pekan Pembuka Liga 1 2020Koko Ari Araya. Instagram.com/officialpersebaya

Catatan menarik lain dihasilkan dari laga pembuka Liga 1 yang mempertemukan Persebaya melawan Persik Kediri. Laga yang berakhir imbang 1-1 itu berhasil mencatatkan jumlah penonton yang sangat banyak. Berdasarkan laopran resmi match commissioner, sebanyak 50 ribu penonton menyaksikan langsung derbi Jatim itu di Stadion Gelora Bung Tomo.

Ini merupakan kali ketujuh di mana laga kandang Bajul Ijo mencatatkan 50 ribu kehadiran penonton di stadion.

Namun demikian, dalam laga tersebut, tuan rumah tak bisa meraih hasil maksimal. Bahkan, Persebaya harus tertinggal lebih dulu dari Persik lewat gol Gaspar Vega melalui titik putih menit ke-33, sebelum akhirnya Hansamu Yama Pranata menyamakan skor empat menit berselang.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Liga Inggris, Serie A, dan La liga Hari Ini

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya