4 Pemain Jawa Barat Ini Berpeluang Gabung Persib untuk Musim 2019

Sebagian pemain incaran adalah jebolan diklat Persib

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung nampaknya belum terlihat begitu aktif di bursa transfer menghadapi musim baru Liga 1 2019. Mereka kalah menggeliat dari beberapa klub macam Barito Putera dan Madura United yang seperti punya ambisi besar. Alih-alih mempertahankan skuat musim lalu, klub berjuluk Maung Bandung ini justru terkesan akan merombak penggawanya.

Hal itu dapat dilihat kala manajemen Persib malah mendongkel nama pelatih kepalanya, Mario Gomez dan asistennya Fernando Soler. Belum lagi beberapa pemain asing bawaan duo Argentina itu dikabarkan akan ikut hengkang. Sedikit banyak itu akan berpengaruh kepada kedalaman skuat yang akan bertahan musim depan.

Sebetulnya, Persib tak usah repot-repot melakukan bongkar-pasang pemain andai beberapa tahun ke belakang mau memberikan kesempatan kepada pemain muda yang mereka didik. Pasalnya, mereka sudah memiliki Diklat Persib yang sudah tersohor sebagai tempat diorbitkannya bakat-bakat sepak bola Tanah Air. Hanya, sedikitnya kesempatan untuk bisa naik kelas ke senior membuat pemain-pemain muda itu memilih cari peruntungan di luar.

Kini, banyak pemain yang masuk program jangka panjang diklat Persib kala dibesut pelatih berdarah Brasil, Jaino Matos, kini sudah matang tampil Liga 1. Pemain itu adalah Ryuji Utomo, Hanif Sjahbandi, Febri Haryadi, Abdul Aziz, Alfath Fathier, yang notabene sudah jadi tulang punggung di masing-masing klubnya.

Hal itu tentu membuka peluang bagi pemain-pemain tersebut untuk kembali berseragam biru-biru (kostum kebesaran Persib). Hanya, tak semua bisa bergabung lantaran beberapa pemain sudah dipagari klubnya karena tenaganya masih dibutuhkan musim depan.

Di luar itu, pemain asli Jawa Barat yang tak masuk Diklat pun memiliki peluang untuk bisa bergabung dengan Persib. Sebab, tak sedikit pula pemain asli berdarah Sunda yang juga sudah malang-melintang di Liga 1.

Lalu siapa saja pemain-pemain yang memiliki kans besar kembali memperkuat skuat Maung Bandung musim 2019 ini?

1. Abdul Aziz (23 tahun)

4 Pemain Jawa Barat Ini Berpeluang Gabung Persib untuk Musim 2019Twitter/@PocariFutsalID

Abdul Aziz memiliki kans besar untuk kembali pulang ke klub yang membesarkannya. Terlebih, klub yang dibelanya musim lalu, PSMS Medan, harus turun kasta dari Liga 1 2018. Tak ayal, hal itu membuat beberapa pemain tim berjuluk Ayam Kinantan itu memilih hengkang untuk tetap menjaga peluang tampil di kompetisi kasta tertinggi, termasuk Aziz.

Aziz memang tak seberuntung Febri haryadi maupun Gian Zola, yang langsung mendapatkan kesempatan naik kelas ke tim senior. Ia harus bekerja keras untuk bisa memulai debutnya di kompetisi level elite Indonesia. Bahkan, ia sempat banting setir menjadi pemain futsal saat kompetisi sedang dibekukan tahun 2015 lalu.

Aziz pernah tampil bersama FKB dan Libido FC di Liga Futsal Profesional. Bahkan, ia sempat masuk daftar pemain timnas futsal Indonesia kala itu. Hanya saja, hal itu tak bertahan lama sebab setahun setelahnya ia diajak Jaino Matos untuk bergabung ke Persiba Balikpapan guna memulai debutnya di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Tampil cukup baik dalam debutnya, nama Aziz langsung diperhitungkan sebagai pemain muda potensial. Borneo FC pun tak segan untuk menggunakan jasanya di Liga 1 2017. Akan tetapi, peluang Aziz untuk tampil di klub asal Kalimantan itu sangat jarang, sehingga ia memilih hengkang ke PSMS setahun setelahnya.

Kini, namanya mulai ramai diperbincangkan publik Bandung karena dirinya diisukan masuk proyeksi skuat Persib musim depan. Ia dinilai sudah pantas untuk kembali pulang dan berseragam Persib.

"Saya bersyukur jika dinilai demikian. Siapa juga yang tidak mau bermain di Persib Bandung karena saya besar di Persib, mulai dari U-15, U-17, dan Diklat Persib Bandung, ya mudah mudahan bisa terealisasi," kata Aziz.

Baca Juga: Tolak Main Lawan Persebaya, Ini Jalan Panjang Andik Pilih Madura

2. Gian Zola (20 tahun)

4 Pemain Jawa Barat Ini Berpeluang Gabung Persib untuk Musim 2019Twitter/@gianzola08

Gian Zola sudah mengakhiri masa pinjamannya di Persela Lamongan pada Liga 1 2018. Otomatis hal itu membuat dirinya kembali ke skuat Persib. Hanya, masa depannya masih abu-abu walau kontraknya di Persib belum habis, lantaran Zola masih menunggu keputusan manajemen terkait akan kemana dirinya musim depan.

Zola mengungkapkan, dirinya ingin mendapatkan menit bermain lebih banyak musim depan, termasuk jika dipertahankan Persib. Secara tersirat, pemain berusia 20 tahun itu akan memilih klub yang memberikannya peluang untuk sering tampil di kompetisi mendatang.

"Ya, keinginan saya menambah jam terbang saja dan ingin dapat menit bermain yang lebih banyak. Mau di Persib atau tidak, tak jadi masalah, yang penting jam terbang banyak," tutur Zola.

Sebenarnya, Zola mengakui sudah dihubungi beberapa klub musim depan, termasuk Persela yang masih menginginkan jasanya. Akan tetapi, dirinya tak berani mengambil keputusan terkait hal itu lantaran masih menghargai kontraknya bersama Persib.

3. Erwin Ramdani (25 tahun)

4 Pemain Jawa Barat Ini Berpeluang Gabung Persib untuk Musim 2019Twitter/@MudjiantoPedro

Kompatriot Abdul Azis di PSMS Medan, Erwin Ramdani, dikabarkan juga masuk bidikan manajemen Persib. Ia diusahakan untuk bisa kembali pulang dan memperkuat Maung Bandung di Liga 2019 mendatang. Erwin diproyeksikan untuk memperkuat sektor sayap Persib.

Pemain berusia 25 tahun itu memang merupakan produk binaan Persib. Ia juga tercatat sempat membawa tim PON Jawa Barat meraih medali emas bersama Abdul Aziz, Gian Zola, hingga Febri Hariyadi. Hal itu membuka peluangnya untuk reuni dengan rekannya di skuat PON semakin besar.

Erwin pun tak menyangkal kalau dirinya sudah melakukan komunikasi dengan Persib. Hanya saja, ia masih menghargai kontraknya bersama PSMS yang masih tersisa hingga 10 Januari 2019 mendatang.

"Insya Allah, doakan saja yang terbaik buat karier saya. (Tawaran dari Persib) ada, tim lain juga ada. Siapa orang Bandung yang tidak mau membela tanah kelahirannya? Kalau rezekinya, nanti juga kabarnya pasti ada. Mudah-mudahan ada kesempatan saya untuk menunjukan kualitas putra daerah," beber eks pemain PS TNI itu (saat ini PS TIRA).

Erwin sendiri merupakan satu dari tiga penggawa PSMS Medan yang jadi incaran Persib musim depan. Selain nama Erwin, Persib juga tengah mengincar gelandang Abdul Aziz dan Frets Butuan.

4. Zalnando (22 tahun)

4 Pemain Jawa Barat Ini Berpeluang Gabung Persib untuk Musim 2019Twitter/@SonnySilooij

Bek muda Sriwijya FC, Zalnando, punya kesempatan besar untuk memilih Persib sebagai klub yang akan dibelanya musim depan. Sebab, ia memiliki keterikatan dengan klub asal Jawa Barat tersebut karena lahir dan besar di Cimahi. Sebagai orang Jawa Barat, Zalnando pun pasti enggan mengesampingkan tawaran untuk bisa bergabung dengan Persib.

Setiap pemain muda berdarah Sunda pasti memiliki cita-cita besar bisa memperkuat Pangeran Biru meskipun dirinya bukanlah binaan Persib junior, tak terkecuali Zalnando. Meski tak secara gamblang menyebutkan kemana dirinya akan berlabuh musim depan, ada alasan kuat yang membuat Zalnando memilih pulang ke kampung halamannya, sebab banyak rekannya yang merupakan penggawa Persib.

"Ada Muhammad Natshir yang dulu di SEA Games Singapura bareng saya. Febri Hariyadi juga sempat bareng di timnas," kata Zalnando.

Hanya, pemain yang sering masuk skuat timnas junior tersebut, sejauh ini masih menghormati sisa kontraknya bersama Sriwijaya FC. Pasalnya, Zalnando tercatat baru habis kontrak pada 19 Januari mendatang. Oleh sebab itu, ia masih belum mau mengambil sikap terkait tawaran yang masuk kepadanya.

"Saya belum memutuskan soal masa depan. Kalau itu (dihubungi Persib), ya ada yang menghubungi. Ya komunikasi itu saja, tetapi mereka juga mengerti, saya masih terikat kontrak," kata pemain berusia 22 tahun tersebut.

"Setiap semua warga Jabar, kan Persib kebanggaan-nya. Persib tim besar dan ada di daerah saya. Ya, tentu saja saya bangga kalau bisa main di sana," sambungnya.

Baca Juga: Mario Gomez Diputus Kontrak oleh Persib Bandung

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya