Comscore Tracker

51 Gol di 3 Musim, Bukti Marko Simic adalah Bintang Terbaik Persija?

Madura United jadi tim paling sering dihajar gol Super Simic

Jakarta, IDN Times - Bicara soal gelontoran gol Persija sejak tiga tahun terakhir diberbagai ajang, nama Marko Simic tak bisa dielakkan lagi sebagai pemain paling dominan. Bagaimana tidak, pemain berpaspor Kroasia itu berhasil membubuhkan 51 gol dalam 61 laga yang sudah dijalani bersama tim.

Sejak didatangkan pada 2018 silam, Simic memang menjelma menjadi mesin gol yang sangat mematikan. Usai Persija miskin penyerang karena Bambang Pamungkas sudah dimakan usia, Simic tiba-tiba menggebrak dengan menjadi top skor turnamen pramusim Piala Presiden 2018 dengan torehan 11 gol.

1. Simic sudah mencetak 51 gol untuk Persija dalam 3 musim terakhir ini

51 Gol di 3 Musim, Bukti Marko Simic adalah Bintang Terbaik Persija?Duel antara Persija melawan Borneo FC yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 3-2 di Stadion SUGBK, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj).

Beberapa pihak sempat menganggap Simic hanya piawai di turnamen pramusim saja. Namun, pernyataan itu terbantahkan, sebab pencapaiannya pada Liga 1 2018 dengan koleksi 18 gol membuktikan dirinya menjadi penyerang mengerikan di Tanah Air. Tak hanya itu, dia pula uang membuat Persija meraih treble winners pada tahun tersebut.

Alih-alih performanya menurun lantaran diterpa beberapa isu tak sedap di luar lapangan, pada musim selanjutnya Simic justru semakin moncer. Dia bahkan bisa menyabet gelar individu top skor pada Liga 1 2019 dengan mencatatkan 28 gol dalam semusim.

Musim ini pun, sebetulnya geliat pemain berusia 32 tahun itu mulai menunjukkan ketajamannya. Dia berhasil melesakan sebiji gol saat Persija bersua Borneo FC pada laga perdana kompetisi kasta tertinggi edisi 2020. Sayang, kiprahnya musim ini harus terhenti sementara lantaran kompetisi harus ditangguhkan sementara akibat pandemik COVID-19.

Baca Juga: Marko Simic dan Rizky Pora Jadi Top Skor dan Top Asis Liga 1 2019

2. Simic sudah bobol gawang Madura United sebanyak 6 kali

51 Gol di 3 Musim, Bukti Marko Simic adalah Bintang Terbaik Persija?liga-indonesia.id

Lalu, jika kita melihat lagi gol demi gol yang sudah dibubuhkannya di Indonesia, tim mana yang jadi korban paling banyak? Jawabannya tentu tak hanya satu, ada beberapa klub yang harus rela gawangnya dibobol berkali-kali oleh Simic dalam tiga tahun terakhirnya.

Namun, Madura United berada di urutan teratas tim yang paling banyak dibobol oleh Simic dengan mencetak enam gol. Dia membuka keran gol pertamanya ke gawang tim yang dijuluki Laskar Sape Kerrab saat Persija berhasil mengandaskan tuan rumah yang tampil di Stadion Gelora Ratu Pamelingan pada Oktober 2018 silam.

3. Marko Simic juga banyak cetak gol ke gawag Arema FC dan Borneo FC

51 Gol di 3 Musim, Bukti Marko Simic adalah Bintang Terbaik Persija?ANTARA FOTO/Fakhri Firmansyah

Pada musim anyar, Simic membuat Madura United jadi "celengan" gol. ‫Lima gol berhasil diceploskan eks pemain Melaka United itu saat Persija bersua Madura dalam kompetisi Liga 1 2019, masing-masing dua gol di leg pertama dan hattrick pada putaran kedua.

Di bawah Madura United, Borneo FC juga menjadi lawan yang sering jadi korban keperkasaan Simic. Jala gawang Pesut Etam harus bergetar sebanyak lima kali gara-gara aksi Simic. Jumlah kemasukan yang sama juga dirasakan Arema FC dalam tiga tahun perjumpaannya dengan penyerang jangkung yang tingginya 187 sentimeter itu.

Sementara, Barito Putera dan TIRA-Persikabo menyusul di bawah tiga tim lainnya. Keduanya juga jadi klub yang acap kali dibobol Marco Simic selama menjalani karier di Indonesia, masing-masing harus rela kemasukan empat gol olehnya.

Baca Juga: Simic dan 10 Pemain Asing Liga 1 2020 dengan Market Value Tertinggi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya