Comscore Tracker

8 Pemain Brasil di Premier League Terancam Kena Sanksi FIFA

FIFA sanksi klub yang tak izinkan pemain membela timnas

Jakarta, IDN Times - Delapan pemain asal Brasil terancam absen pada pekan keempat Premier League musim 2021/22. Kondisi ini menjadi imbas dari delapan pemain tersebut gagal gabung ke Timnas Brasil sepanjang jeda internasional karena dilarang klub masing-masing.

Klub-klub Premier League memang melarang sejumlah pemainnya gabung ke Timnas Brasil karena negara tersebut masuk dalam zona merah COVID-19 Inggris. Aturan karantina ketat, membuat mereka khawatir tak bisa memakai jasa pemainnya. Tapi, Aston Villa dan Tottenham Hotspur pada akhirnya mau melepas empat pemainnya ke Timnas Argentina, padahal main di Brasil pula.

Atas kondisi ini, Goal International melansir, Federasi Sepak bola Brasil (CBF) mendesak FIFA menjatuhkan hukuman otomatis kepada delapan pemain tersebut. Memang, sesuai aturan FIFA, klub dan pemain yang tolak main dengan Timnas di jeda internasional, bisa dijatuhi hukuman.  

Jadi, Roberto Firminho, Alisson Becker, Fabinho (Liverpool), Ederson Moraes, Gabriel Jesus (Manchester City), Fred (Manchester United), Thiago Silva (Chelsea), dan Raphinha (Leeds United), bisa saja gagal mentas di pekan keempat Premier League. 

Baca Juga: Heboh Satgas COVID-19 Ciduk 4 Bintang Argentina saat Lawan Brasil

1. Klub-klub Premier League dalam ancaman

8 Pemain Brasil di Premier League Terancam Kena Sanksi FIFAFabinho saat tampil bersama tim nasional Brasil. (goal.com)

Sesuai aturan FIFA, para pemain memang diwajibkan memenuhi panggilan negaranya jika bermain dalam laga yang masuk kalender resmi. Jika tidak, mereka bakal memberikan sanksi larangan bermain dalam durasi lima hari, terhitung sejak jeda internasional berhenti.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir klub-klub yang menolak pemain-pemainnya dipanggil timnas. Kalau aturan ini otomatis diberlakukan, maka delapan pemain yang dimaksud sudah pasti absen bela klub masing-masing.

2. Anehnya, Richarlison masih bisa bermain di pekan keempat

8 Pemain Brasil di Premier League Terancam Kena Sanksi FIFARicharlison (evertonfc.com)

Tak cuma mereka, masih ada sejumlah pemain dari negara zona CONMEBOL lainnya yang bernasib sama, gagal gabung ke tim nasional masing-masing. Penyebabnya sama, karena dilarang klub. Dengan demikian, mereka kemungkinan besar bakal mendapatkan sanksi serupa.

Mereka yang sempat mengalami hal serupa adalah striker Raul Jimenez (Wolverhampton Wanderers), Miguel Almiron (Newcastle United), dan lainnya.

Tapi, ada yang unik dalam kasus ini. Brasil malah tak menuntut Everton. CBF memberikan kelonggaran kepada Everton lantaran sudah memberikan Richarlison sepanjang Olimpiade Tokyo 2020.

3. Memang situasinya dilematis

8 Pemain Brasil di Premier League Terancam Kena Sanksi FIFAfifa.com

Sejumlah klub Premier League sudah sepakat untuk tak melepas pemainnya yang dipanggil ke tim nasional di negara-negara zona merah COVID-19 pemerintah Inggris. Sebenarnya, mereka sempat minta solusi dari pemerintah dan otoritas kesehatan Inggris.

Namun, aturan karantina selama 10 hari yang diterapkan, tak bisa ditawar. Premier League juga sempat berkomunikasi dengan FIFA atas kondisi ini, namun pada akhirnya tak ditemukan jalan keluar pula.

Baca Juga: MU Hingga Liverpool Terancam Kena Sanksi FIFA

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya