Comscore Tracker

MU Hingga Liverpool Terancam Kena Sanksi FIFA

MU, Liverpool, Chelsea, dan ManCity, tahan pemainnya

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak bola Dunia (FIFA) berniat untuk memberikan hukuman kepada klub-klub Premier League yang menolak melepas pemain ke tim nasional masing-masing sepanjang jeda internasional. Dengan demikian, Manchester United, Liverpool, Manchester City, hingga Chelsea, bisa kena hukuman dari FIFA akibat tindakannya.

Ya, keempat klub itu memang menahan para pemainnya yang dipanggil ke negara kategori merah COVID-19 versi pemerintah Inggris. Mereka beralasan kalau para pemainnya akan susah masuk lagi ke Inggris, usai membela tim nasional masing-masing.

Tindakan keempatnya beserta beberapa klub Premier League lain sebenarnya bertentangan dengan statuta FIFA. Sebab, dalam statuta FIFA, dijelaskan kalau klub wajib melepas pemain ke tim nasional masing-masing jika dibutuhkan tenaganya di kalender internasional.

Baca Juga: Liverpool Gemetar Virgil Van Dijk Tumbang

1. Sanksi akan dijatuhkan

MU Hingga Liverpool Terancam Kena Sanksi FIFAPemain Real Madrid Eder Militao (kiri) berebut bola di udara dengan pemain Liverpool Fabinho pada pertandingan babak perempat final leg pertama Liga Champions di Estadio Alfredo Di Stefano, Madrid, Spanyol, Selasa (6/4/2021) waktu setempat. Real Madrid berhasil menjegal Liverpool 3-1 pada pertemuan pertama tersebut. ANTARA FOTO/REUTERS/Susana Vera

ESPN melansir, FIFA sedang mengumpulkan segala bukti terkait pelanggaran sejumlah klub Premier League. Mereka juga tengah merumuskan sanksi yang tepat buat klub-klub tersebut.

Dalam waktu dekat, kemungkinan sanksi itu akan dijatuhkan. Namun, belum diketahui bentuknya, apakah denda atau hal lain.

2. Tak dapat keringanan

MU Hingga Liverpool Terancam Kena Sanksi FIFAPemain Chelsea Thiago Silva berebut bola dengan pemain West Bromwich Albion pada pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Inggris, Sabtu (3/4/2021). Chelsea kalah dari West Bromwich Albion 2-5. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Mike Hewitt

Sejumlah klub Premier League sudah sepakat untuk tak melepas pemainnya yang dipanggil ke tim nasional di negara-negara zona merah COVID-19 pemerintah Inggris. Sebenarnya, mereka sempat minta solusi dari pemerintah dan otoritas kesehatan Inggris.

Namun, aturan karantina selama 10 hari yang diterapkan, tak bisa ditawar. Premier League juga sempat berkomunikasi dengan FIFA atas kondisi ini, namun pada akhirnya tak ditemukan jalan keluar pula.

Baca Juga: Akal-akalan Bintang Premier League Lolos Karantina Inggris 

3. Ada yang lepas pemain ke Timnas

MU Hingga Liverpool Terancam Kena Sanksi FIFAPemain dan ofisial dari kedua negara sedang berdiskusi. (mirror.co.uk)

Sebenarnya, ada beberapa klub yang melepas pemainnya ke tim nasional zona merah COVID-19. Aston Villa dan Tottenham Hotspur adalah contoh nyata.

Tapi, pemain mereka, Emiliano Martinez, Emiliano Buendia, Cristian Romero, dan Giovanni Lo Celso, malah diciduk otoritas kesehatan dan polisi federal Brasil. Penyebabnya, karena keempatnya datang dari Inggris yang masuk zona merah COVID-19 Brasil.

Di sisi lain, mereka juga dianggap telah memalsukan dokumen dan keterangan sejarah perjalanan.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya