Comscore Tracker

Aksi Lepas Medali Inggris di Podium Tuai Kecaman

Inggris kalah dari Italia dalam laga final Piala Eropa 2020

Jakarta, IDN Times - Para pemain Inggris begitu terpukul usai gagal meraih gelar juara Piala Eropa 2020. Mayoritas pemain menunjukkan rasa kekecewaannya itu dengan melepas medali di atas podium.

Semua bermula kala para pemain Inggris mengikuti seremoni penyerahan medali. Ketika sudah dikalungi, sejumlah pemain memilih melepaskan medali dari UEFA sebelum turun dari podium.

Inggris harus mengakui keunggulan tamunya, Italia, dalam duel panas laga final Piala Eropa 2020 yang digelar di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021). Sempat bermain sama kuat 1-1, skuat The Three Lions harus menyerah dalam drama adu penalti, 2-3.

Baca Juga: PM Inggris Marah Lihat Bukayo Saka Jadi Korban Rasisme

1. Pemain Chelsea sempat menolak dikalungi medali

Aksi Lepas Medali Inggris di Podium Tuai KecamanPara pemain Inggris melepas medali yang sudah disematkan UEFA usai kekalahan di final Piala Eropa. (birminghammail.co.uk).

Terlihat, kapten Liverpool, Jordan Henderson, menjadi salah satu pemain Inggris yang tidak melepas medali perak sebelum turun panggung. Selain itu, Southgate juga menunjukkan kedewasaannya dengan tetap mengalungkan medali runner-up dengan sangat bangga.

Ben Chilwell, Phil Foden, Reece James, Jude Bellingham dan Conor Coady termasuk di antara para pemain yang terlihat melepas medali runner-up itu. Bintang Chelsea, Mason Mount, bahkan menunjukkan gelagat tak ingin medali itu dikalungkan di lehernya.

Mount langsung menarik kembali medali ke atas kepalanya segera setelah disematkan di lehernya, menyiratkan betapa kecewanya tak menjadi juara. Lalu, dia berjalan dari podium hanya dengan menggenggam medali di tangannya. 

2. Warganet kecam prilaku pemain

Keputusan para pemain Inggris untuk melepas medali telah dikecam beberapa penggemar. Hal itu dinilai menunjukkan sportivitas yang buruk. Padahal, mereka seharusnya bangga dengan capaian yang sudah diraih di Piala Eropa 2020.

"Melepas medali itu menjadi alasan mengapa banyak suporter Inggris tak mendukung mereka," cuit akun bernama @Jim_Elllis.

Selain itu ada lagi penggemar lainnya yang mempertanyakan keputusan para pemain itu.

"Ada apa dengan para pemain Inggris yang melepas medalinya?" cuit Laura Chiellini dengan akun @nrkupyourbutt.

Selain itu, masih banyak lagi warganet yang mengecam aksi tidak sportif para pemain Inggris.

3. Southgate mengerti dengan kekecewaan yang ditunjukkan para pemain

Aksi Lepas Medali Inggris di Podium Tuai KecamanTiga pemain Inggris, yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka jadi korban rasisme usai Inggris gagal menjadi juara Piala Eropa 2020. (Twitter/@EURO2020).

Southgate mengerti dengan kekecewaan pemain usai menderita kalah di final. Dia paham dengan apa yang dilakukan para pemainnya itu. 

"Malam ini akan menjadi sangat sulit bagi kami, tentu saja. Anda harus merasakan kekecewaan itu karena peluang memenangkan trofi seperti ini sangat langka dalam hidup Anda," kata Southgate, seperti dikutip dari BBC Sport.

"Namun, ketika mereka merenungkan apa yang telah dilakukan, seharusnya sangat bangga. Mereka harus diapresiasi. Terlebih, pemain telah memberikan semua yang mereka bisa," lanjut dia.

Kalah di final dengan cara seperti itu, terutama setelah memimpin lebih dulu melalui penyelesaian sempurna Luke Shaw, pasti membuat pemain Inggris bersedih. Namun, kesedihan itu juga sama dirasakan seluruh penggemar mereka di seluruh penjuru dunia yang menonton laga itu.

Baca Juga: Gagal Juara Piala Eropa, 3 Pemain Inggris Jadi Korban Rasisme

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya