Comscore Tracker

Alasan Elkan Baggott Absen Bela Timnas Indonesia Lawan Kamboja

Elkan Baggott baru datang dari Inggris

Jakarta, IDN Times - Pelatih Shin Tae Yong memastikan bakal memarkir Elkan Baggott dalam laga perdana Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Walau membutuhkan jasa pemain Ipswich Town tersebut, pelatih asal Korea Selatan itu tak mau mengambil risiko.

Timnas Indonesia dijadwalkan bakal memulai kampanyenya di Piala AFF pada Kamis (9/12/2021). Mereka bakal bentrok dengan salah satu pesaingnya di Grup B, yakni Kamboja dalam duel yang bakal digelar di di Bishan Stadium, Singapura. 

“Elkan Baggott tak akan masuk dalam lineup saat Timnas Indonesia melawan Kamboja. Saya akan memberinya waktu istirahat," kata Shin dalam sesi konferensi pers, Rabu (8/12/2021). 

1. Shin nilai Elkan perlu waktu untuk recovery

Alasan Elkan Baggott Absen Bela Timnas Indonesia Lawan KambojaPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Shin memang punya alasan kuat untuk mengistirahatkan Elkan dalam pertandingan nanti. Sebab, pemain berdarah Indonesia dan Inggris ini baru tiba di Singapura.

Sehingga, Elkan butuh waktu buat recovery usai melewati perjalanan panjang sebelum sampai di negara yang dijuluki The Lyon City. 

Walau Elkan dipastikan tak bisa tampil, pelatih asal Korea Selatan itu sebetulnya tak terlalu khawatir. Sebab, ia juga membawa banyak stok bek tengah ke Piala AFF kali ini. Beberapa pemain di antaranya bahkan tercatat sebagai senior yang sudah berpengalaman, seperti Victor Igbonefo dan Fachruddin Aryanto.

Selain itu, masih ada beberapa pemain muda yang berpotensi mengisi pos yang ditinggalkan Elkan. Mereka adalah Rizky Ridho dan Alfeandra Dewangga. Lalu,ada juga Ryuji Utomo yang juga dalam kondisi bugar.

Baca Juga: Egy dan Elkan Absen di Laga Indonesia Vs Kamboja

2. Elkan salah satu pemain yang berkompetisi di Eropa

Alasan Elkan Baggott Absen Bela Timnas Indonesia Lawan KambojaInstagram/@elkanbaggott

Elkan merupakan salah satu pemain berlabel Eropa yang dibawa Shin di Piala AFF. Selain namanya, ada juga pemain muda lain yang berasal dari kompetisi di Benua Biru.

Mereka adalah Witan Sulaiman, pemain Lechia Gdansk dan Egy Maulana Vikri, pemain FK Senica. Hanya saja, nama terakhir belum bergabung dengan skuad Garuda di Singapura.

Ia masih harus membela klubnya di Liga Slovakia. Belum ada kepastian juga kapan pemain jebolan Diklat Ragunan itu bakal segera bergabung dengan rekan-rekannya.

3. Skuad Garuda siap tempur saat bentrok dengan Kamboja

Alasan Elkan Baggott Absen Bela Timnas Indonesia Lawan KambojaPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Terlepas dari itu, Shin memastikan anak asuhnya sudah siap untuk menghadapi duel melawan Kamboja. Walau menilai calon lawannya itu punya permainan yang bagus, ia yakin anak asuhnya bisa meredam kekuatan mereka. 

Sebaliknya, Shin bahkan menyebut Timnas Indonesia bakal tampil agresif dalam laga pertamanya ini. 

"Jadi, kami akan main dengan tekanan yang lebih agresif dan menguasai bola sesering mungkin dibandingkan lawan. Banyak yang berpikir Kamboja itu bagus, jadi kami akan menyiapkan diri dengan baik, main lebih keras agar bisa menang," kata Shin saat mengungkapkan kesiapan Timnas Indonesia merebut kemenangan di laga pertama Piala AFF 2020. 

Baca Juga: Piala AFF: Kamboja Punya Potensi Kejutkan Timnas Indonesia

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya