Arsenal vs Tottenham Hotspurs: Duel Panas di Derbi London Utara

Tottenham mulai jadi lawan berat Arsenal di Premier League

Jakarta, IDN Times - Derbi London Utara bakal tersaji dalam laga lanjutan Premier League 2019 pekan keempat. Tuan tumah Arsenal bakal bentrok dengan Tottenham Hotspurs dalam laga yang bakal di gelar di Emirates Stadium, Minggu (1/9).

Rivalitas kedua klub tersebut memang semakin panas sejak satu dekade terakhir. Sebab. Tottenham sudah bisa disejajarkan dengan klub papan atas Inggris lainnya. Bahkan, tak jarang mereka jadi penantang serius dalam perburuan gelar Liga Inggris.

1. Secara statistik pertemuan The Gunners masih unggul

Arsenal vs Tottenham Hotspurs: Duel Panas di Derbi London UtaraTwitter/@DaniCeballos46

Jika menilik rekor pertemuan kedua klub, Arsenal masih boleh menyombongkan kehebatannya jika dibandingkan dengan seterunya tersebut. Dari 185 pertemuan di seluruh ajang kompetisi, The Gunners memetik 77 kemenangan, 50 laga imbang, dan 58 pertandingan sisa dimenangkan oleh Tottenham.

The Lilly White pun masih harus mengakui keunggulan Arsenal jika tampil di Emirates Stadium. Pasalnya, sudah lima laga dijalankan Tottenham berakhir kekalahan di sana tahun lalu. Hal ini tentu jadi kewaspadaan tim besutan Mauricio Pochettino.

Baca Juga: Jamu Tottenham Hotspur, Seberapa Besar Peluang Arsenal Menang?

2. Kemenangan atas Tottenham bakal membuka jalan baik bagi Arsenal

Arsenal vs Tottenham Hotspurs: Duel Panas di Derbi London Utaratwitter.com/MirrorFootball

Pelatih Arsenal, Unai Emery mengungkapkan bahwa timnya sudah sangat siap untuk menghadapi laga nanti. Dengan catatan, Arsenal mampu memainkan laga nanti sesuai dengan identitas Arsenal, bisa menguasai bola setiap meter, setiap menit. Intinya, lanjut dia, Arsenal harus memaksakan game plan walau Emery tahu hal itu tak mudah dikerjakan.

"Saya pikir ini adalah tantangan yang sangat, sangat besar bagi kami dan ini adalah momen yang sangat bagus, pertandingan yang bagus dan kemungkinan menang melawan mereka pada hari Minggu memberikan peluang untuk kesuksesan yang baik," kata pelatih beusia 47 tahun itu dilansir laman resmi klub.

Laga ini memang begitu berat bagi Arsenal. Walau secara statistik mereka mampu unggul, tapi prestasi yang ditunjukkan Tottenham musim lalu bisa jadi alarm bahaya bagi tuan rumah. "Kami juga ingat tahun lalu kami finis di belakang mereka dengan selisih satu poin dalam 38 pertandingan, dan kami ini bermain melawan finalis Liga Champions. Namun ada banyak hal positif bagi kami di dalam itu semua," ujar Emery.

3. Pochettino merasakan aura semangat dan pertarungan dalam derbi kontra Arsenal

Arsenal vs Tottenham Hotspurs: Duel Panas di Derbi London UtaraUEFA.Com

Sementara pelatih Tottenham, Mauricio Pochettino merasakan semangat menjelang derbi kali ini. Menurutnya, suasana, aroma, dari kedua kesebelasan, dan tanggung jawab terhadap tim begitu tertantang. Apalagi, ia mengakui suka dengan persaingan, pertarungan. Dengan optimisme tinggi, ia yakin Tottenham tetap lebih baik dibandingkan lawan-lawannya, termasuk Arsenal.

Namun, kala disinggung mengenai Arsenal musim ini, pelatih berpaspor Italia ini mengaku masih sulit menilai kekuatan mereka. Sebab, ini adalah awal musim. Jadi setiap tim belum bisa dilihat kelemahan maupun kekurangannya secara gamblang.

“Ini baru awal musim. Sulit untuk menilai. Setelah beberapa bulan, kami akan memiliki gagasan yang lebih jelas. Ini akan sulit karena ini adalah derbi dan kita semua tahu betul apa arti derbi. Kita harus siap bertarung,” tukas dia.

4. Perkiraan susunan pemain Arsenal melawan Tottenham Hotspurs

Arsenal vs Tottenham Hotspurs: Duel Panas di Derbi London Utarafootball.london

Perkiraan susunan pemain

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Sokratis, David Luiz, Sead Kolasinac; Matteo Guendouzi, Granit Xhaka; Nicolas Pepe, Dani Ceballos, Pierre-Emerick Aubameyang; Alexandre Lacazette.

Manajer: Unai Emery

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Moussa Sissoko, Harry Winks; Erik Lamela, Christian Eriksen, Son Heung-min; Harry Kane.

Manajer: Mauricio Pochettino 

Baca Juga: Lima Fakta Menarik di Balik Kemenangan Liverpool atas Arsenal

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya