Awali Uji Coba di Oktober, Timnas U-19 Bantai Klub Kroasia!

Gak tanggung-tanggung, Garuda Muda sukses menang telak!

Jakarta, IDN Times - Pindah ke Kota Split untuk melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 terus mematangkan diri. Di laga perdana uji coba bulan Oktober melawan klub kasta kedua Liga Kroasia, NK Dugopoljie, pada Kamis (8/10/2020) malam, Garuda Muda sukses mencatatkan kemenangan telak.

Hanya dalam 21 menit babak pertama, skuat asuhan Shin Tae-yong sukses menggebrak dan memborong 3 gol. Gol pertama dicatatkan oleh penyerang asal Papua, Braif Fatari, pada menit ke-3. Berawal dari akselerasi Bagas Kaffa di sisi kanan, Braif sukses menyambut umpan silang mendatar Bagas untuk bawa Timnas U-19 unggul 1-0.

Gol kedua kemudian disumbangkan oleh Brylian Aldama pada menit ke-15 melalui sepakan penalti. Berawal dari pelanggaran kepada Rizky Ridho, hadiah penalti diberikan wasit dan dieksekusi eks pemain Persebaya itu dengan mulus.

Tak lama dari gol kedua, Timnas U-19 kembali menambah skor melalui aksi Witan Sulaeman pada menit ke-21. Berawal dari lemparan jauh Pratama Arhan, Irfan Jauhari sukses menyundul bola yang membentur mistar gawang, beruntung Witan sukses menyambut bola mentah untuk bawa skor jadi 3-0.

Sayang, babak pertama ini memakan tumbal bagi Garuda Muda. Mochamad Supriadi harus ditarik keluar di pertengahan babak pertama dan digantikan oleh Khairul Zakiri karena cedera. Sejatinya, Timnas U-19 sempat mendapat hadiah penalti kedua setelah sepakan Zakiri membentur tangan pemain Dugopoljie, sayang, eksekusi penalti Rizky Ridho mudah saja dimentahkan lawan.

Skor 3-0 menjadi hasil babak pertama sebelum turun minum.

Di awal babak kedua, Shin Tae-yong membuat perubahan. Kiper Yofandani Damai dan bek Muhammad Fadhil Aksah dimasukkan untuk menggantikan masing-masing dari Komang Teguh dan M. Adisatryo.

Memasuki menit ke-69, Shin Tae-yong kembali membuat penyegaran di lini tengah. Duo David Maulana dan Brylian di lini tengah Timnas U-19 ditarik keluar dan memasukkan Mohammad Kamu serta bintang muda Persib, Beckham Putra. Sebelumnya, Bagas Kaffa juga lebih dulu ditarik keluar karena cedera dan digantikan Bayu Fiqri di pos bek kanan.

Menjelang 15 menit terakhir laga, kedua tim masih sama-sama bermain terbuka. Dugopoljie mencoba mengejar skor dan bermain lebih menekan, namun sesekali Timnas U-19 coba memanfaatkan serangan balik yang dimotori Witan dan Braif untuk mencuri gol keempat.

Di menit ke-82, Timnas U-19 sempat dapat peluang emas. Berawal dari kecerdikan Kanu, Witan yang lepas di sisi sayap kanan berhasil melepaskan umpan silang yang disambut Saddam Emiruddin, namun sedikit melebar.

Sampai akhir laga, tak ada gol tambahan tercipta dan skor 3-0 jadi hasil akhir. Ini juga jadi kemenangan perdana Timnas U-19 di uji coba perdana bulan Oktober 2020.

Baca Juga: Timnas U-19 vs NK Dugopolje: Skuat Garuda Muda Siap Tampil Baik

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya