Barcelona Terusir di Camp Nou, Kenapa?

Stadion Camp Nou bakal direnovasi agar lebih modern

Jakarta, IDN Times - Barcelona dipastikan bakal terusir di Stadion Camp Nou pada musim 2023/234. Alasannya, homebase bersejarah itu bakal diperbaharui lebih modern.

Sebagai gantinya, mereka bakal menggunakan Stadion Olimpiade untuk beberapa waktu hingga renovasi kelar.

"Barcelona akan menggelar pertandingan musim 2023/2024 di Stadion Olimpiade yang terletak di Montjuic. karena rencana renovasi Camp Nou," tulis Barcelona di laman resminya.

1. Renovasi Camp Nou bagian dari proyek ‘Escapa Barca’

Barcelona Terusir di Camp Nou, Kenapa?en.as.com

Renovasi ini merupakan rencana besar yang masuk dalam proyek ‘Escapa Barca.’ Terlebih, stadion yang terletak di Catalunya ini belum pernah melakukan perbaikan besar. 

Dilansir The Athletic, renovasi direncanakan dimulai usai akhir musim 2022/23. Namun, renovasi besar baru akan dimulai pada 2023 hingga beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: Keajaiban di Camp Nou: Barcelona 6-1 PSG

2. Stadion Olimpiade jadi kandang sementara Barcelona gantikan Camp Nou

Barcelona Terusir di Camp Nou, Kenapa?Fcbarcelona.com

Walau harus terusir dari Camp Nou, Barcelona sebetulnya masih bisa menggunakan homebase yang besar. Sebab, Stadion Olimpiade punya kapasitas 60 ribu. Menghadap ke pantai, kandang mereka juga punya sejarah yang tak kalah panjang.

Sebelumnya, stadion ini juga pernah digunakan berbagai ajang, salah satunya kualifikasi Euro 2008 hingga kualifikasi Piala Dunia 2010. Inggris jadi salah satu negara besar yang merasakan fasilitasnya yang tak kalah bagus.

3. Barcelona habisakan anggaran Rp22,8 triliun

Barcelona Terusir di Camp Nou, Kenapa?es.fifa.com

Stadion Camp Nou memang dikenal sebagai salah satu stadion terbesar di Eropa. Bayangkan saja, kapasitas homebase milik Barcelona ini punya kapasitas 99 ribu orang.

Untuk melakukan renovasi kandangnya, Barcelona harus merogoh kocek cukup dalam sekitar 1,5 miliar euro atau setara Rp22,8 triliun. Durasi pengerjaannya diperkirakan bakal berjalan dua tahun. Sehingga, Barcelona akan tampil di Stadion Olimpiade selama itu.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya