Comscore Tracker

Barito Melunak, Bagus Kahfi Bakal Diikat FC Utrecht 18 Bulan

Bagus Kahfi akan dikontrak Utrecht dengan durasi 18 bulan

Jakarta, IDN Times - Teka-teki terkait masa depan pemain muda potensial, Bagus Kahfi akhirnya menemui titik terang. Dia dipastikan bakal bergabung dengan klub kasta tertinggi Liga Belanda atau Eredivisie, FC Utrecht.

Kepastian tersebut diungkapkan langsung oleh Perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso. Utrecht yang sebelumnya menolak memberikan kompensasi dan menarik tawaran pada 27 November 2020, kini berubah pikiran untuk merekrut Bagus, karena Barito Putera sudah melunak dan siap merestui Bagus ke Belanda.

"Kemarin ketemu pak Hasnur dan beliau menyampaikan memang niat melepas Bagus, namun memerlukan beberapa penjelasan saja. Jadi kami minta Dennis Wise untuk kembali menghubungi Utrecht dan bertanya apa masih mungkin menerima Bagus jika Barito sudah bisa mengirimkan surat pelepasan," kata Mirwan kepada IDN Times, Rabu (2/12/2020).

"Dan, kebetulan mereka [Utrecht] masih bisa menerima [Bagus]," lanjut dia.

1. Bagus Kahfi bakal dikontrak dengan durasi 18 bulan

Barito Melunak, Bagus Kahfi Bakal Diikat FC Utrecht 18 BulanStriker Garuda Select, Bagus Kahfi, siap terima tawaran berkarier di Eropa (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Sejauh ini sang pemain sendiri masih belum diresmikan oleh FC Utrecht, karena harus mengurus beberapa dokumen terlebih dahulu. Bagus pun dipastikan bakal segera terbang ke Belanda untuk menyelesaikan kontraknya bersama mantan klub Stefano Lilipaly itu.

"Segera setelah undangan visa kerjanya dikirimkan [Bagus bakal diresmikan Utrecht]," ujar Mirwan.

Dia menambahkan, jika Bagus nantinya bakal menerima kontrak berdurasi 18 bulan. Dia diproyeksikan bakal membela Jong Utrecht terlebih dahulu. Jika menunjukkan performa gemilang, cukup besar kansnya bermain untuk tim utama Utrecht di Eredivisie.

Baca Juga: Gagal ke FC Utrecht, Bagus Kahfi Curhat di Media Sosial

2. PSSI dan Barito sempat gelar pertemuan untuk membahas Bagus Kahfi

Barito Melunak, Bagus Kahfi Bakal Diikat FC Utrecht 18 BulanBagus Kahfi dan manajemen Barito Putera. (Instagram.com/baguskahfii)

Drama transfer Bagus sebelumnya memang sempat meruncing. Barito Putera menolak tawaran yang datang dari Utrecht, karena manajemen meminta jaminan Bagus dikembalikan ke Barito jika kontraknya sudah selesai. Selain itu pihak klub meminta kompensasi karena sang pemain terikat kontrak hingga 2021.

Namun, usai bos Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman melakukan pertemuan bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Bagus Kahfi pada Selasa, 1 Desember 2020 malam, masalahnya selesai. Klub yang dijuluki Laskar Antasari pun akhirnya merestui sang pemain pergi.

3. Mirwan menduga ada miskomunikasi antara Barito dan Utrecht sebelumnya

Barito Melunak, Bagus Kahfi Bakal Diikat FC Utrecht 18 Bulaninstagram/baguskahfi16

Mirwan Suwarso, sebelumnya menduga bahwa salah satu faktor kegagalan Bagus ke Utrecht adalah soal miskomunikasi. Utrecht sudah mengirim surat kepada Barito, meminta kepastian apakah Barito mau melepas Bagus tanpa biaya.

Barito pun sempat menjawab surat itu, menanyakan kemungkinan soal biaya transfer atau peminjaman Bagus. Hal itu ditolak oleh Utrecht. Setelahnya, kedua tim sempat melakukan percakapan via telepon.

Isi dari percakapan itu adalah pihak Utrecht meminta kerelaan Barito untuk melepas Bagus tanpa biaya. Tenggat waktu mereka tetapkan, yakni pada Jumat (27/11) kemarin. berhubung tak ada respons lanjutan, Utrecht mengambil kesimpulan Barito Putera tidak berkenan melepas Bagus Kahfi dan menarik kembali tawarannya.

Baca Juga: Masih Cedera, Bagus Kahfi Optimistis Tampil di Piala Dunia U-20

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya