Belanda Tersingkir di Piala Dunia 2022, Van Gaal Diganti Koeman? 

Ronald Koeman bakal kembali menangani skuad De Oranje

Jakarta, IDN Times - Pelatih Belanda, Luis van Gaal, bakal menanggalkan jabatannya sebagai pelatih usai anak asuhnya tersingkir perempat final di Piala Dunia 2022. Dia kemungkinan besar bakal digantikan Ronald Koeman.

Jurnalis kenamaan Italia sekaligus pakar transfer, Fabrizio Romano, memastikan kontrak Van Gaal bersama Belanda berakhir usai ajang empat tahunan ini digelar. Tak ada opsi untuk memperpanjang kontrak setelah gagal.

1. Koeman bakal mulai menangani Belanda pada 2023

Belanda Tersingkir di Piala Dunia 2022, Van Gaal Diganti Koeman? Ronald Koeman (skysports.com)

Koeman bakal jadi suksesor Van Gaal untuk jadi pelatih Belanda nantinya. Masih menurut informasi yang sama, eks pelatih Barcelona itu akan mulai melatih skuad De Oranje pada 2023 mendatang. Dia sudah sepakat untuk menerima proposal kontrak tiga tahun.

Ini bakal jadi kali kedua bagi Koeman kembali menangani Belanda. Sebelumnya, dia sudah sempat menjadi pelatih kepala dan mempersembahkan prestasi runner-up di ajang UEFA National League 2019.

Dia juga sempat jadi asisten pelatih saat mengawali karier di dunia kepelatihan pada 1997-1998.

Baca Juga: Sudah 2 Kali Lionel Messi Pecundangi Van Gaal Lewat Adu Penalti

2. Koeman sempat pergi untuk melatih Barcelona

Belanda Tersingkir di Piala Dunia 2022, Van Gaal Diganti Koeman? Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. (fifa.com).

Usai memimpin Belanda melaju ke putaran final Euro 2020, Koeman memutuskan untuk mundur dan memilih hijrah ke Catalan. Dia melatih Barcelona selama 14 bulan hingga akhirnya dipecat lantaran dianggap gagal mengangkat performa tim.

Total, Koeman sudah mempersembahkan 11 kemenangan, lima imbang, dan empat kali menelan kekalahan. 

Kini, dia kembali akan memulai nostalgia untuk bisa membawa Belanda meraih prestasi mentereng di Eropa maupun dunia. 

3. Van Gaal kalah dua kali oleh Messi di Piala Dunia melalui adu penalti

Belanda Tersingkir di Piala Dunia 2022, Van Gaal Diganti Koeman? Virgil van Dijk dan Louis van Gaal (twitter.com/OnsOranje)

Van Gaal sendiri kini mengukir catatan buruk saat memimpin Belanda bersua Lionel Messi yang jadi kapten Argentina di Piala Dunia. Ini jadi kali kedua baginya dikandaskan Lionel Messi dan memastikan timnya tersingkir dari ajang empat tahunan itu.

Menariknya, Van Gaal selalu kalah oleh Lionel Messi ketika laga diakhiri dengan drama adu penalti.

Hal serupa juga sempat terjadi ketika Van Gaal memimpin skuad Belanda di ajang Piala Dunia 2014. Belanda harus takluk di babak semifinal lantaran kalah dalam babak adu tos-tosan.

Kini, mimpinya mimpin Belanda untuk jadi juara Piala Dunia 2022 sirna. Namun, bisa jadi harapannya itu bisa dilanjutkan oleh suksesornya Ronald Koeman.

Baca Juga: Menilik Kiprah Timnas Belanda di Bawah Asuhan Louis van Gaal

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya