Comscore Tracker

[BREAKING] Eks Presiden Barcelona Josep Bartomeu Ditangkap Polisi 

Josep Bartomeu ditangkap karena skandal Barcagate

Jakarta, IDN Times - Buntut penggeledahan kantor Barcelona pada Senin (1/3/2021) waktu setempat berbuntut panjang.  Eks Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, CEO Oscar Grau, dan kepala layanan hukum Roman Gomez Ponti ditangkap polisi.

Menurut laporan ESPN, polisi menggiring ketiganya karena skandal Barcagate, yakni kasus di mana manajemen klub menyewa agensi I3 Ventures untuk menghujani kritik kepada penggawa Blaugrana melalui media sosial.

"Penangkapan sedang berlangsung, tapi kami tidak dapat membeberkan namanya. Saat ini kami sedang dalam proses melakukan operasi dengan agen dari unit kejahatan keuangan,” kata salah satu polisi yang ikut melakukan penangkapan.

Pemain senior Barcelona, Gerard Pique, bahkan sempat membuka borok Bartomeu. Dia menuding presiden klub itu terlibat dalam skandal Barcagate.

Walau membantahnya, Josep Bartomeu tetap dipercaya jadi aktor utama di balik skandal besar yang sempat menghebohkan publik.

Audit eksternal PricewaterhouseCoopers sempat melakukan penyelidikan. Namun, mereka kemudian membebaskan klub Catalan dari segala kesalahan, karena tak menemukan bukti kuat terkait transaksi dengan agensi I3 Ventures.

Namun, polisi terus menyelidiki kasus tersebut setelah membuka penyelidikan sendiri tahun lalu. Mereka pertama kali menggerebek kantor klub di Camp Nou Juni lalu untuk mencari dokumen yang berkaitan dengan tuduhan tersebut.

Hal itu berlanjut pada Senin ini, karyawan di kantor Barcelona diminta meninggalkan gedung dengan tiba-tiba. Polisi pun langsung mencari bukti-buti dalam penyelidikan skandal Barcagate.

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya