Declan Rice Selangkah Lagi Berseragam Arsenal!

Legenda Arsenal minta Arteta hati-hati soal kemampuan Rice

Jakarta, IDN Times - Arsenal terus berusaha mendatangkan bintang West Ham United, Declan Rice. Saga transfer Gelandang Timnas Inggris itu dilaporkan segera terwujud dalam waktu dekat.

Sebagaimana diketahui, The Gunners menang tengah membidik Rice demi memperkuat skuadnya musim depan. Sang pemain dinilai cocok dengan skema yang diterapkan Mikel Arteta. Alhasil, mereka bergerak cepat demi mengamankan sang gelandang.

Dilansir Independent, Arsenal sudah melepas tawaran dengan nilai 90 juta poundsterling atau 1,7 triliun kepada West Ham. Proposal itu mendekati nilai yang diinginkan The Hummers yakni 100 juta pounds atau Rp 1,8 triliun.

1. Arsenal siap jadikan Declan Rice pemain termahal

Declan Rice Selangkah Lagi Berseragam Arsenal!Declan Rice. (independent.co.uk)

Arsenal pun disebut tak akan menyerah mengejar Declan Rice. Mereka siap merogoh kocek sesuai yang diinginkan West Ham. Mereka bahkan bakal membuat rekor transfer dan menjadikan gelandang berusia 24 tahun itu sebagai pemain termahal. 

Jika transfernya ke Arsenal terwujud, Rice dipastikan memecahkan rekor transfer sebagai pemain termahal mengalahkan Nicolas Pepe yang ditebus dengan mahar 72 juta pounds tiga tahun yang lalu. 

Arteta tak mau buruannya ini lepas di bursa transfer musim panas 2023. Dia ingin menjadikan Rice menjadi metronom di lini tengah, karena Granit Xhaka sudah dipastikan bakal hengkang. 

2. Kritik legenda Arsenal untuk Declan Rice

Declan Rice Selangkah Lagi Berseragam Arsenal!potret Declan Rice bersama Inggris (besoccer.com)

Gaya permainan Declan Rice dinilai cocok dengan yang dibutuhkan Arteta. Alhasil, manajemen tak masalah dengan harga yang diminta West Ham. Asalkan, sang pemain bersedia menjadi bagian dari Arsenal. 

Namun, legenda Arsenal Graeme Souness meminta Arteta berhati-hati. Sebab, Rice justru berpotensi membawa hal buruk bagi mereka. Menurutnya, Rice bukan paket gelandang komplet. Sedangkan, Arsenal butuh gelandang komplet yang harus punya tiga hal, yaitu kreatif, bisa cetak gol, dan bisa bertahan dengan baik.

Rice pun merasa tidak terima dengan ucapan Souness itu. Namun, pada akhirnya ucapan Souness didukung oleh data valid, menandakan Rice memang tidak kreatif. Tekel dan intersep Rice memang luar biasa, tetapi dia tak bisa memberikan umpan-umpan progesif.

3. Rice buktikan kualitasnya di West Ham

Declan Rice Selangkah Lagi Berseragam Arsenal!Instagram.com/declanrice

Terlepas dari kritikan itu, penampilan Rice memang mengundang decak kagum dalam beberapa musim terakhir. Dia dijuluki sebagai 'Mr. Dependable' berkat kepiawaiannya mengawal lini tengah West Ham. Kemampuannya itu bahkan membawanya jadi pemain andalan hingga ke Timnas Inggris.

Tak pelak, klub-klub besar Inggris meminati jasanya. Mulai dari Chelsea, Liverpool, hingga Manchester United. Namun, saat ini Arsenal disebut-sebut sebagai klub yang paling berpeluang mendatangkannya.

Sejak bergabung dengan West Ham pada 2014, Rice memang menjelma menjadi sosok penting di skuad 'The Hammers'. Selama itu, Rice sudah banyak meraih penghargaan individu.

Sebanyak masing-masing tiga kali, Declan Rice menjadi Young Player of the Year serta Hammer of the Year. Sekarang, capaiannya di West Ham bertambah dengan trofi Conference League yang dia sumbangkan.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya