Digebuk Borneo FC 2-1, Persija Terbenam di Dasar Klasemen

Persija dipastikan tersingkir di Piala Presiden 2022

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta menelan kekalahan ketiga beruntun di babak penyisihan Grup B Piala Presiden 2022. Bentrok dengan tuan rumah Borneo FC, skuad Macan Kemayoran kalah tipis 2-1 dalam duel yang digelar di di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (25/6/2022).

Persija yang tampil dengan tim utamanya plus dipimpin Thomas Doll, langsung bermain dengan tempo tinggi. Mereka mampu meladeni permainan tuan rumah yang juga tampil agresif. Walhasil, kedua tim silih berganti melakukan serangan hingga waktu berjalan 10 menit.

Borneo FC baru mendapatkan peluang berbahaya pada menit 21. Matheus Antonio Souza Dos Santos mampu melepaskan sepakan keras mendatar. Hanya saja, Andritany Ardhiyasa, mampu menepis bola dengan baik.

Bola Liar sempat mengarah ke pemain Borneo FC. Sepakan kedua itu pun masih bisa dimentahkan Andritany. Sehingga Borneo FC hanya mendapatkan tendangan penjuru saja.

Walau banyak peluang, Persija justru unggul lebih dulu menit 22. Riko Simanjuntak di sisi pertahanan sebelah kanan Borneo FC, berhasil melepas umpan tarik berbahaya. Taufik Hidayat yang berdiri bebas, gagal menyontek bola dengan baik.

Beruntung, bola tersebut bergelinding ke arah Rio Fahmi yang berdiri bebas. Pemain muda yang sempat membela Timnas Indonesia itu pun tak menyia-nyiakan peluang itu. Dia mampu melepaskan sepakan yang membuat Persija unggul 1-0.

Walau terus menekan, Borneo FC baru bisa menyamakan skor jelang turun minum. Stefano Lilipaly mampu menceploskan si kulit bundar melalui sepakannya. Alhasil, kedua kesebelasan menutup babak pertama ini skor 1-1.

Memasuki babak kedua, Borneo FC yang tengah butuh kemenangan untuk bisa lolos ke fase gugur Piala Presiden 2022, tampil lebih menggigit. Mereka terus menekan pertahanan Persija yang terlihat men-delay permainan. 

Beberapa ancaman sempat membuat pemain belakang Persija keteteran. Hanya saja, ketenangan para pemain seperti Maman Abdurrahman hingga Andritany, membuat gawang Persija tetap aman. Skor pun belum berubah untuk kedua kesebelasan 1-1.

Pressing di garis pertahanan lawan yang dilakukan skuad Pesut Etam, membuat Persija sulit keluar dari tekanan. Hal itu membuat Borneo FC terus bisa mengeksploitasi pertahanan sampai menciptakan beberapa peluang emas.

Tim besutan Milomir Seslija akhirnya bisa unggul lewat kerja sama apik Pato dengan Kei Hirose. Umpan satu dua keduanya berhasil membuat lini pertahanan Persija kosong. Bola terakhir umpan Kei pun dimanfaatkan dengan baik oleh Pato melalui sepakan terukur yang tak bisa diantisipasi Andirtany.

Tertinggal satu gol, Doll mencoba memasukkan beberapa pemain baru, seperti Rezaldi Hehanusa hingga Hanif Sjahbandi. Hanya saja, hal itu masih belum membuat Borneo FC melepaskan tekanan. Persija masih sulit membuat serangan ke jantung pertahanan tuan rumah.

Di sisa waktu pertandingan, Persija mulai bisa menciptakan beberapa ancaman ke gawang Borneo FC. Hanya saja, hingga wasit meniup peluit panjang pertandingan, skor tak berubah. Laga ini pun dimenangkan Borneo FC dengan skor 2-1.

Kemenangan ini membuat Borneo FC masih punya peluang lolos ke perempat final Piala Presiden 2022, karena naik ke peringkat pertama Grup B. Mereka bakal menjalani laga penentuan melawan RANS Nusantara FC pada laga pamungkas yang digelar 28 Juni nanti.

Sementara, bagi Persija hasil ini semakin membenamkan mereka di dasar klasemen Grup B Piala Presiden 2022. Hal itu sekaligus membuat mereka dipastikan tersingkir dalam ajang turnamen pramusim kali ini.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya