Comscore Tracker

Drama Berlanjut di Kongres PSSI, 6 Caketum Diusir oleh Ratu Tisha

Para Caketum memprotes tata cara pelaksanaan kongres

Jakarta, IDN Times - 6 calon Ketua Umum PSSI harus rela dikeluarkan dari Kongres Pemilihan PSSI di Hotel Shangri-la, Jakarta, Sabtu (02/11), setelah mereka melakukan interupsi yang mempertanyakan beberapa hal terkait mekanisme tata cara pemilihan dalam KLB.

Mereka yang diusir adalah Sarman, Aven Hinelo, Fary Djemi Prancis, Yesayas Oktavianus, Vijaya Fitriyasa, dan Benny Erwin. Mereka kompak mengakui diusir Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, selaku pimpinan forum Kongres PSSI.

Salah satu Caketum, Fary Djemi Prancis, mengungkapkan, dirinya cukup bingung kenapa bisa diusir dalam sidang. Ia mengakui bahwa pihaknya hanya mencoba menyampaikan pendapat kepada perwakilan AFC dan Exco, bagaimana melakukan kongres bermartabat.

"Bagaimana melakukan kongres bermartabat. Kami menyatakan untuk menarik diri. Kongres kan harus bermartabat. Kami mau ada perubahan. Kami sudah capek, kompetisi buruk, Timnas juga jelek," kata politisi Partai Gerindra tersebut.

"Oleh karena itu, kami pastikan beberapa Caketum PSSI tarik diri. Pak Bernhard lebih dulu, Yesayas, Vijay, Aven, Sarman. Ada beberapa Cawaketum dan Exco tarik diri juga," lanjut dia.

Alasan menarik diri dari Kongres pemilihan Ketum PSSI dibeberkan langsung oleh Vijaya, yang sempat terlibat friksi dengan salah satu calon lain, yakni Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Menurut dia, PSSI cenderung tertutup dan tak transparan terhadap proses kongres. Seharusnya, sambung Vijaya, menurut Statuta PSSU, 30 hari pra-kongres, ada electoral code yang disampaikan ke FIFA dan voters.

"Lalu, saat kami daftar jadi Ketum PSSI, kami dijanjikan ada sosialisasi mengenai tata cara pemilihan pada 26 Oktober, tapi tanpa ada pemberitahuan apa pun acara itu dibatalkan. Ketika kami konfirmasi, kami telepon sekretariat PSSI nanti akan disampaikan tertulis," ujar dia

"Namun, faktanya sampai hari kami belum menerima penjelasan. Kami tak mengerti bagaimana tata cara pemilihan itu, bagaimana mengikuti kongres tata cara pemilihan sendiri kami gak tahu. Gak dikasih tau, bagaimana mau ikut kompetisi tapi gak tahu tata caranya," sambung dia lagi.

Baca Juga: Kongres PSSI Memanas, Vijaya Didorong saat Sela Wawancara Iwan Bule

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya