Erick Thohir Buka Kans Indonesia Uji Coba Lawan Portugal hingga Jerman

Masih mencari jadwal yang tepat

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, menyebut jika Timnas Indonesia berencana melakukan laga uji coba internasional melawan Portugal, Jerman, dan Belanda.

Hal itu diungkapkan Erick saat menemani delegasi FIFA menjajal kereta cepat Whoosh menuju Stasiun Tegalluar, Bandung, Senin (9/10/2023).

“Rencana itu dapat respons yang baik [dari tiga federasi itu],” ujar pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini.

 

1. Sedang menyesuaikan jadwal

Erick Thohir Buka Kans Indonesia Uji Coba Lawan Portugal hingga JermanPemain Timnas Indonesia Rizky Ridho (kanan) mencoba mengadang pemain Argentina, Facundo Valentine (kiri) dalam laga uji coba FIFA Matchday di Stadion GBK, Jakarta, Senin (19/6/2023). (IDN Times/Tata Firza).

Hal ini tentu jadi kabar gembira bagi para pemain dan pencinta sepak bola tanah air. Sebab, pengalaman melawan negara dengan tradisi sepak bola yang kuat, memberikan banyak pelajaran bagi bal-balan Indonesia.

Sebelumnya, Erick juga berhasil mendatangkan Timnas Argentina untuk menjalani laga uji coba di FIFA Match Day.

“Kami harus memastikan calender of event. Sebab, ada beberapa pertandingan kualifikasi Piala Dunia pada November, Maret, Juni. Sedangkan di Eropa juga ada kualifikasi pada bulan-bulan yang sama," kata Erick.

Baca Juga: Ketum PSSI Bantah Timnas Indonesia Bakal Uji Coba Lawan Korsel

2. Tetap mau Indonesia naik di ranking FIFA

Erick Thohir Buka Kans Indonesia Uji Coba Lawan Portugal hingga JermanTimnas Indonesia lawan Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Kini, Erick pun mengaku jika PSSI langsung bergerak mengurus jadwal yang tepat untuk mendatangkan salah satu di antara Portugal, Jerman, dan Belanda, untuk menjalani laga uji coba internasional.

Dia pun tak akan sembarangan menyiapkan laga uji coba nanti. Pria berusia 53 tahun itu ingin memilah juga lawan-lawan yang seimbang bagi Timnas Indonesia agar peringkatnya di ranking FIFA terus naik.

“Ini tak mungkin bisa dihelat semuanya melawan tim kuat, sebab peringkatnya [di FIFA] bagaimana?” kata Erick.

3. Laga uji coba digelar akhir tahun depan?

Erick Thohir Buka Kans Indonesia Uji Coba Lawan Portugal hingga JermanKetum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sejauh ini, Erick menyebut jika PSSI belum bisa memastikan lawan yang kemungkinan dihadapi di antara ketiganya dan soal jadwal pertandingan. Menurutnya, yang paling masuk akal adalah menggelarnya pada saat jadwal di kalender FIFA tengah landai.

“Sulit jika [pertandingan] digelar di tengah tahun, bisa pada akhir tahun depan usai kalender lowong, kita coba,” beber Ketum PSSI Erick Thohir.

Baca Juga: PSSI Masih Rahasiakan Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya