Ketum PSSI Bantah Timnas Indonesia Bakal Uji Coba Lawan Korsel

Erick sudah hubungi delapan federasi

Jakarta, IDN Times - PSSI langsung tancap gas mencari lawan untuk Timnas Indonesia di FIFA Matchday berikutnya. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyebut, sudah ada ada delapan federasi yang telah dihubungi. 

Jika menilik kalender FIFA, jadwal matchday resmi mereka bakal jatuh pada September 2023 mendatang. 

Namun, Erick masih enggan memberikan rinci calon lawannya secara gamblang. PSSI masih menyusun strategi, demi meraup poin guna meningkatkan peringkat Timnas Indonesia di FIFA.

"Saya pastikan, di bulan September ada (pertandingan FIFA Matchday). Kami sudah bersurat ke 4 sampai 8 negara," kata Erick Thohir dalam jumpa pers di Menara Danareksa, Jumat (23/6/2023).

1. Bukan lawan Korea Selatan

Ketum PSSI Bantah Timnas Indonesia Bakal Uji Coba Lawan Korselwww.skysports.com

Erick juga menanggapi soal ramainya spekulasi di media sosial soal Timnas Indonesia bakal menghadapi Korea Selatan. Hal itu langsung dibantah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

Menurut dia, lawan Korsel tak bisa mendadak, lantaran mereka telah merancang agenda di tahun ini. Pun, Korea Selatan bukan lawan yang tepat kalau untuk mencari poin.

"Kalau bicara lawan Korea Selatan itu gak mungkin dadakan. Mereka sudah punya kalender setahun. Udah gitu, kalau lawan Korea atau Jepang, kapan dapat poinnya?" ujar mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Baca Juga: Bek Argentina Liburan di Pulau Komodo Usai Lawan Timnas Indonesia

2. Lawan Malaysia?

Ketum PSSI Bantah Timnas Indonesia Bakal Uji Coba Lawan Korselpotret timnas Malaysia (instagram.com/@famalaysia)

Selain lawan Korea Selatan, skuad Garuda juga diprediksi menghadapi Malaysia. Nah, bagi Erick, laga ini memungkinkan bisa terealisasi pada September nanti.

"Kalau Malaysia, wah saya sangat terbuka. Tapi, mereka juga ada pertandingan di China, tanggal 9 (September) kalau gak salah. Itu kenapa PSSI harus menyusun jadwal FIFA Matchday. Gak kaya dulu, main kirim surat berharap besok bisa datang," kata Erick.

3. PSSI sebenarnya pusing

Ketum PSSI Bantah Timnas Indonesia Bakal Uji Coba Lawan KorselKetua Umum PSSI, Erick Thohir usai jumpa pers di Menara Danareksa, Jumat (23/6/2023). (IDN Times/Tino).

Sebenarnya, PSSI sedang pusing dalam mengatur jadwal Timnas Indonesia di FIFA Matchday pada September nanti. Sebab, agenda tim asuhan Shin Tae Yong cukup padat.

Pasukan Garuda bakal mentas di Kualifkasi Piala Dunia 2026 putaran pertama, Oktober 2023 mendatang. Selain itu, ada pula Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Karena itu, Erick mengkhawatirkan kebugaran Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

"Kita harus benar-benar buat keputusan dengan jernih. Mereka manusia bukan robot, tetap prioritaskan kebugaran dan kesehatan mental pemain. Ini saya sedang duduk bersama pak Waketum (Zainudin Amali), Shin Tae Yong, Indra Sjafri dan Kepala BTN, Sumardji," kata Erick.

Baca Juga: 2 Pemain Timnas Indonesia yang Sukses Permalukan Alejandro Garnacho

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya