Fakta Menarik Inggris Vs Italia di Final Piala Eropa 2020

Italia dan Inggris punya rekor yang sama-sama mentereng

Jakarta, IDN Times - Final idaman tersaji di Piala Eropa 2020, saat Inggris jumpa dengan Italia. Bentrok kedua tim akan digelar di Wembley Stadium, London, Senin 12 Juli 2021, dan sejumlah fakta menarik yang menjadi bumbu panasnya duel kedua tim itu.

Sejauh ini, Italia masih unggul secara head to head atas Inggris. Mereka meraih 10 kemenangan dalam 27 duel yang sudah dijalani. Sisanya, Inggris mencuri delapan kemenangan dan sembilan laga lain berakhir imbang. 

Duel terakhir dua kekuatan sepak bola Eropa ini di turnamen resmi terjadi pada Piala Dunia 2014 lalu. Kali itu, Inggris harus menelan pil pahit, ditekuk Gli Azzurri 2-1. Catatan itu menjadikan Italia punya rekor bagus saat berhadapan dengan Inggris di turnamen bergengsi.

Baca Juga: Final Idaman Piala Eropa 2020: Inggris Vs Italia

1. Italia lebih berpengalaman

Fakta Menarik Inggris Vs Italia di Final Piala Eropa 2020twitter.com/EURO2020

Baru dua kali Italia berhadapan dengan Inggris di Piala Eropa. Italia pun selalu meraih kemenangan saat jumpa dengan Inggris di Piala Eropa, pada edisi 1980 (1-0) dan 2012 (lewat adu penalti 4-2).

Italia memang sedikit diunggulkan dalam final kali ini. Maklum, mereka dikenal sebagai tim spesialis turnamen. Empat gelar Piala Dunia menjadi buktinya. Namun, Piala Eropa sedikit kurang ramah bagi Italia. Mereka hanya sekali meraih gelar juara pada edisi 1968 dari tiga kesempatan tampil di final.

Sementara, catatan Inggris juga tak lebih baik. Mereka bahkan hanya punya satu trofi saja (Piala Dunia 1966) sepanjang sejarahnya. Sisanya, mereka tak bisa meraih prestasi di Piala Eropa. Paling banter, The Three Lions mampu melaju ke semifinal dua kali (1968 dan 1996).

2. Italia tak pernah kalah dalam dua tahun terakhir

Fakta Menarik Inggris Vs Italia di Final Piala Eropa 2020Pesepak bola Italia Lorenzo Insigne (kanan) melakukan celebras denna rekannya Jorginho setelah mencetak bol ke gawang Turki dalam laga perdana Group A Euro 2020, di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Jumat (11/6/2021). Italia berhasil mengalahkan Turki 3-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters- Mike Hewitt

Namun, itu semua hanyalah soal sejarah pertemuan saja. Jika menilik performa masing-masing tim. Italia juga punya performa sedikit lebih meyakinkan ketimbang Inggris. Buktinya, mereka selalu meraih kemenangan dalam enam laga yang sudah dijalani.

Hanya duel melawan Spanyol saja yang pada waktu normal berakhir imbang (1-1). Namun, mereka akhirnya bisa menuntaskan pertandingan itu dengan meraih kemenangan 4-2 di babak adu penalti.

Total, Italia belum pernah kalah dalam 33 laga terakhir di berbagai ajang. Sebanyak 16 pertandingan di antaranya berlangsung saat kualifikasi Piala Eropa hingga putaran final. Total, 15 kemenangan dan sekali bermain imbang diraih tim besutan Roberto Mancini sampai sejauh ini.

3. Wembley bertuah buat Inggris

Fakta Menarik Inggris Vs Italia di Final Piala Eropa 2020Harry Kane dari Inggris mencetak gol kedua mereka dari rebound setelah Kasper Schmeichel dari Denmark menangkal penaltinya selama semi final Euro 2020 pada pertandingan Inggris melawan Denmark di Wembley Stadium, London, Inggris, Rabu (7/7/2021). ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Carl Recine.

Inggris juga sebetulnya tak kalah mentereng selama mentas di Piala Eropa 2020. Walau produktivitasnya kalah dari Italia (13 gol), Inggris (10 gol) punya catatan lebih baik soal kebobolan. Mereka bahkan fase penyisihan grup hingga perempat final tanpa pernah kebobolan sekalipun. Hanya saat bersua Denmark di semifinal saja gawang Inggris kebobolan satu gol.

Bicara soal konsistensi pun Inggris sebetulnya punya persentase kemenangan yang masih cukup besar. Walau tak seperti Italia yang belum terkalahkan dalam dua tahun terakhir, mereka mampu mengemas 20 kali menang, lima imbang, dan dua kali kalah dalam 27 laga yang sudah dijalani.

Paling penting, Inggris kali ini main di Wembley, tempat di mana belum pernah merasakan kekalahan jika bermain di turnamen resmi. Walau kalah dari Jerman di Piala Eropa 1996, pertandingan itu tetap disebut seri karena Inggris kalah adu penalti.

Catatan ini membuat Italia dan Inggris punya kans yang sama untuk bisa menjadi juara di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Jumpa di Final Piala Eropa, Inggris dan Italia Sama-sama Rindu Gelar

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya