Fakta Menarik Jelang Duel Panas Timnas Indonesia Kontra Malaysia

Timnas Indonesia dihuni pemain tertua

Jakarta, IDN Times - Derbi Melayu antara Timnas Indonesia kontra Malaysia bakal tersaji di laga perdana babak kualifikasi Piala Dunia Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).

Laga ini sangat menyita perhatian publik lantaran setiap kedua tim ini bertemu, tensi di dalam maupun di luar lapangan selalu panas. Hal itu pun diprediksi bakal kembali tersaji dalam duel nanti malam.

Di luar hal teknis tentu masih banyak juga hal menarik yang mengiringi duel antara skuat Garuda melawan pasukan Harimau Malaya. Lalu, apa saja itu? Berikut fakta-fakta menarik di balik derbi Melayu ini:

1. Sama-sama diperkuat empat pemain naturalisasi

Fakta Menarik Jelang Duel Panas Timnas Indonesia Kontra Malaysiafam.org.my

Timnas Indonesia maupun Malaysia sama-sama diperkuat empat pemain naturalisasi dalam laga nanti. Semua pemain yang disertakan itu, bahkan merupakan andalan di negaranya masing-masing.

Skuat Garuda sendiri diperkuat Stefano Lilipaly, Alberto 'Beto' Goncalves, Osas Saha, dan Victor Igbonefo. Sedangkan, Negeri Jiran membawa, Mohamadou Sumareh, La’Vere Corbin-Ong, Matthew Davies, dan Brendan Gan.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Malaysia: Derbi Melayu di Gelora Bung Karno!

2. Beto Tertua di Indonesia dan Norshahrul Idlan Talaha di Malaysia

Fakta Menarik Jelang Duel Panas Timnas Indonesia Kontra MalaysiaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dalam duel nanti penyerang naturalisasi Indonesia, Beto adalah pemain yang statusnya paling tua lantaran usianya menginjak 38 tahun. Selanjutnya diikuti oleh Osas Saha (32),Irfan Bachdim (31), dan Ferdinand Sinaga (30).

Sementara, di Malaysia ada Norshahrul Idlan Talaha yang usianya menginjak 33 tahun. Ia merupakan satu-satunya pemain yang tampil pada Final Piala AFF 2010 di skuat Malaysia yang tersisa saat lawan Timnas Indonesia.

3. Timnas Indonesia berhasil clean sheet dalam dua pertemuan terakhir kontra Malaysia

Fakta Menarik Jelang Duel Panas Timnas Indonesia Kontra MalaysiaANTARA FOTO/Saptono

Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan clean sheet dalam dua pertemuan terakhir melawan Malaysia. Indonesia mengalahkan Malaysia 2-0 pada laga persahabatan 14 September 2014 saat laga berjalan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Dua tahun berselang, atau tepatnya 6 September 2016, skuat Merah Putih kembali meraih kemenangan tanpa kebobolan dengan skor telak 3-0 di Stadion Manahan, Solo.

Baca Juga: Belasan Ribu Personel Gabungan Siap Kawal Duel Timnas Vs Malaysia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya