Comscore Tracker

Genap Berusia 28 Tahun, Ini Deretan Rekor Mohamed Salah di Liverpool

Salah mencatatkan banyak rekor di Liverpool

Jakarta, IDN Times - Pemain Liverpool, Mohamed Salah, genap berusia 28 tahun pada Senin (15/6) kemarin. Banyak prestasi dan rekor yang sudah ditorehkan pemain asal Mesir ini untuk The Reds.

Salah langsung tampil moncer sejak pertama kali bergabung ke Liverpool. Dia cepat menjelma menjadi bintang yang paling dielu-elukan di Anfield. Bahkan, dirinya mulai disejajarkan dengan beberapa legenda hidup tim dari Merseyside tersebut.

Padahal Salah sempat mengalami pasang surut prestasi. Datang dari Chelsea pada musim 2013/2014, dia tak bisa memberikan performa terbaiknya. Walhasil, dia harus terlempar dari tim utama dan pindah ke Fiorentina pada kompetisi Serie A 2014/2015.

Kepercayaan diri Salah perlahan meningkat, sampai pada akhirnya dia dipinang klub asal Ibu Kota Italia, AS Roma. Dua musim bersama Serigala Ibu Kota, dirinya mampu tampil trengginas sampai akhirnya dilirik Liverpool untuk mengisi posisi Philippe Coutinho yang memilih melanjutkan karier bersama Barcelona.

Selama hampir tiga musim menjalani karier bersama Liverpool, Salah sudah membukukan 144 penampilan, 91 gol, dan 37 assist di pelbagai kompetisi. Beberapa prestasi pun berhasil diraihnya mulai dari membawa tim menjadi juara sampai catatan individunya sendiri.

Beberapa trofi bergengsi di kompetisi Eropa maupun dunia seperti Piala Dunia antar klub dan Liga Champions mampu dipersembahkannya. Selain itu, pada awal debutnya, Salah juga sempat didapuk mendapatkan sepatu emas dan bola emas lantaran berhasil jadi topskor dan pemain terbaik Premier League.

Tak hanya itu, beberapa rekor baru mampu dicatatkan mantan pemain Chelsea ini. Berikut adalah beberapa catatan menawan Salah yang diktuip IDN Times dari Squawka.

1. Rekor pemain tersubur selama satu musim

Genap Berusia 28 Tahun, Ini Deretan Rekor Mohamed Salah di Liverpoolhitc.com

Sejak kedatangannya ke Liverpool, Salah menjadi sorotan. Bermodalkan kemampuan individu dilengkapi kecepatan yang dimiliki, Salah menjelma jadi mesin gol selama satu musim. Bagaimana tidak, sebanyak 32 gol mampu ditorehkannya pada Premier League musim 2017/2018.

Catatan itu merupakan rekor baru yang berhasil dipecahkan dalam satu musim melewati Alan Shearer, Christiano Ronaldo, sampai Luis Suarez yang sama-sama mengoleksi 31 gol selama semusim.

2. Salah menjadi debutan paling subur di Liverpool

Genap Berusia 28 Tahun, Ini Deretan Rekor Mohamed Salah di LiverpoolTwitter/@SquawkaNews

Salah bukanlah striker satu-satunya yang pernah dimiliki oleh Liverpool, beberapa nama besar macam Robbie Fowler, Fernando Torres, sampai Luis Suarez juga sempat membela klub yang identik dengan warna merah itu. Tapi, dia jauh lebih spesial dari semuanya.

Salah berhasil jadi debutan paling subur memecahkan rekor Fernando Torres yang membukukan 24 gol semusim, tepatnya saat edisi 2007/2018. Dia juga memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh legenda Liverpool, Robbie Fowler (19), pada 1994-1995.

3. Salah menjadi pemain Afrika dan Mesir paling subur di Eropa

Genap Berusia 28 Tahun, Ini Deretan Rekor Mohamed Salah di LiverpoolMirror.co.uk

Saat Salah mencetak gol ke-30 saat Liverpool bersua Bournemouh pada April 2018 silam. Dia melewati rekor milik Didier Drogba yang hanya bisa mengoleksi 29 gol pada musim 2009/2010. Hal itu membuatnya didapuk sebagai pemain Afrika paling subur di Liga Inggris.

Tak hanya itu, dia juga didapuk jadi pemain Mesir paling subur yang tampil di Liga Inggris. Torehan golnya melewati koleksi Ahmed Mido yang hanya bisa mencetak 22 gol saja.

4. Salah jadi pemain tercepat cetak 50 gol sepanjang sejarah tim dan pemain dengan kaki kiri paling mematikan di Liverpool

Genap Berusia 28 Tahun, Ini Deretan Rekor Mohamed Salah di LiverpoolExpress.co.uk

Salah merupakan pencetak 50 gol tercepat di Premier League dalam sejarah Liverpool. Selain itu, kekuatan kaki kiri Mohamed Salah juga merupakan pemain dengan kaki kiri paling mematikan dengan torehan 25 gol, unggul enam gol atas Fowler yang hanya menciptakan 19 gol lewat kaki kirinya.

Baca Juga: Liverpool Mundur dari Perebutan Timo Werner, Man United Tancap Gas 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya