Griezmann Mandul di Piala Dunia 2022, tapi Perannya Sangat Vital

Griezmann sudah buat tiga assist buat Les Bleus

Jakarta, IDN Times - Antoine Griezmann memang belum mencetak gol di Piala Dunia 2022, tapi perannya cukup besar untuk menjadi ruh permainan Prancis hingga melaju ke babak semifinal.

Griezmann menjelma jadi pemain yang tampil menonjol saat ditempatkan sebagai pivot dalam permainan Les Bleus. Dia jadi poros permainan yang menghubungkan lini belakang dan depan saat bola bergulir.

Peran tersebut bukanlah posisi yang biasa dimainkan Griezmann selama ini. Dia lebih sering bermain sebagai penyerang atau winger di lapangan, termasuk saat membawa Prancis juara Piala Dunia 2022.

1. Pemain dengan assist terbanyak untuk Prancis sepanjang masa

Griezmann Mandul di Piala Dunia 2022, tapi Perannya Sangat VitalAntoine Griezmann. (eurosport.com)

Total, Griezmann sudah menorehkan tiga assist untuk Prancis sejak babak penyisihan bergulir. Dua di antaranya diciptakan saat Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud mencetak gol ke gawang Inggris.

Satu assist lainnya diciptakan pemain Atletico Madrid ini saat bermain di babak penyisihan. Alhasil, dia masuk sebagai pemain dengan assist terbanyak di Piala Dunia 2022 bersama Harry Kane dan Bruno Fernandes.

Tak hanya itu, dia juga mencatatkan rekor sebagai pencetak assist terbanyak di skuad Prancis sepanjang masa. Sampai saat ini dia bisa menorehkan 28 assist untuk negaranya di pelbagai ajang. 

Baca Juga: Kimmich Sedih Jerman Tersingkir di Piala Dunia, Ini Pesan Griezmann

2. Griezmann sudah ciptakan 18 peluang

Griezmann Mandul di Piala Dunia 2022, tapi Perannya Sangat VitalGol Antoine Griezmann dianulir. (abcnews.go.com)

Dilansir Opta, Griezmann juga punya statistik cukup mentereng saat ditempatkan sebagai pivot di Piala Dunia 2022. Dia bisa menciptakan 18 peluang untuk Prancis. 

Peran menonjolnya itu kentara sekali di lihat saat Prancis bemain melawan Inggris di babak perempat final Piala Dunia kali ini. Dia mampu membuat 100 persen tekel bersih, 100 persen menang duel udara, 88 persen umpan akurat, tiga umpan jauh sukses, hingga dua umpan kunci.

Hal itu menunjukkan bagaimana keseimbangan Girezmann di lini tengah Prancis amat membantu pemain lainnya. 

3. Griezmann senang punya peran baru di Prancis

Griezmann Mandul di Piala Dunia 2022, tapi Perannya Sangat VitalSkuad tim nasional Prancis. (goalballlive.com)

Griezmann sendiri cukup senang mendapatkan peran baru dari pelatih Prancis, Didier Deschamps, selama mentas di Piala Dunia 2022. Menurutnya, bermain di tengah memberikan kebebasan lebih untuk bisa mengalirkan si kulit bundar.

Tak hanya itu, perannya dalam membantu pertahanan juga semakin bisa dimaksimalkan.

“Saat bertahan, saya membantu rekan lainnya. Saat kami memegang bola, saya harus bisa memainkannya sebaik mungkin. Hal itu memberikan saya banyak pilihan,” ujar Girezmann dikutip Qatar-Tribune.

Kini, Girezmann kembali diharapkan bisa memberikan peran maksimal dalam laga babak semifinal Piala Dunia 2022. Sebab, Prancis akan bersua Maroko untuk semakin mendekati langkah dua kali jadi juara dunia beruntun.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Tunisia Hajar Prancis, Griezmann Spesial

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya