Hanya Bermain Imbang, Ivan Kolev: Persija Sudah Tampil Maksimal

Persija menguasai jalannya laga sepanjang 70 menit

Jakarta, IDN Times - Becamex Binh Duong berhasil menahan imbang tuan rumah Persija Jakarta 0-0 pada laga pertama Grup G AFC Cup 2019 yang digelar di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (26/2). Hal itu jadi hasil terbaik, mengingat klub asal Vietnam itu terus diserang sepanjang pertandingan.

Hasil ini tentu sangat merugikan bagi Persija. Sebab, mereka juga mesti melalui laga leg kedua melawan tim yang sama. Tak ayal, hasil ini bukan modal yang baik bagi Skuat Macan Kemayoran dalam mengawali laga perdana di AFC Cup edisi kali ini.

1. Hasil akhir tak sesuai harapan Kolev

Hanya Bermain Imbang, Ivan Kolev: Persija Sudah Tampil MaksimalIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Pelatih Persija, Ivan Kolev, mengungkapkan, hasil ini memang tak sesuai dengan keinginannya. Menurutnya, tim sudah bisa tampil menguasai pertandingan. Hanya, pemain kesulitan dalam mencetak gol terlebih tim tamu tampil keras.

"Sudah 70 menit kami menguasai lapangan, tapi 20 menit terakhir beberapa pemain kondisi kurang bagus dan tempo jadi menurun, setelah itu kami kasih ruang untuk lawan.
Tapi saya tetap menyampaikan terimakasih buat pemain yang tampil di lapangan saya rasa mereka pantas menang," kata Kolev dalam sesi konferensi pers.

Baca Juga: Escobar Diturunkan, Persija Hanya Mampu Bermain Imbang Lawan Becamex 

2. Persija tak terganggu perminan keras lawan

Hanya Bermain Imbang, Ivan Kolev: Persija Sudah Tampil MaksimalTwitter/@Persija_Jkt

Namun, Kolev menampik bahwa timnya terganggu akibat permainan keras yang diperagakan lawan. Sebab, lanjut dia, hal itu sudah diantisipasi sejak awal. Jadi hal itu tak ada kaitannya dengan permainan keras yang ditunjukan Becamex Binh Duong.

Mengenai alasan kenapa memasukan Paullie, pelatih asal Bulgaria tersebut menganggap bahwa dirinya melihat strategi yang dijalankan lawan. Apalagi, tim tamu terus mengeksploitasi pertahanan Persija lewat umpan silang dan memanfaatkan tinggi badan pemainnya.

"Kalian bisa lihat, saat pergantian mereka memasukan striker murni, jadi mereka menggunakan dua striker. Tujuan mereka saya lihat, selalu memberikan crossing. Oleh karena itu saya memasukan Paullie supaya dia bisa potong umpan silang karena memiliki postur tinggi," bebernya.

3. Padatnya jadwal Persija membuat pemain dalam kondisi kurang fit

Hanya Bermain Imbang, Ivan Kolev: Persija Sudah Tampil Maksimalliga-indonesia.id

Kolev menambahkan, faktor padatanya jadwal nampaknya sedikit berpengaruh kepada kebugaran para pemainnya. Diakuinya, sejak Januari Persija sudah melaksanakan berbagai pertandingan. Terbukti, tak sedikit yang harus keluar karena mengeluh cedera.

"Ada 11 gim yang dilalui, itu artinya setiap empat hari ada satu gim yang harus dijalankan. Kalau pemain kami robot itu akan rusak di lapangan. Situasi ini jadi sulit, terlebih Persija tujuannya selalu ingin menang dan mencari prestasi bagus," ujar eks juru racik Timnas Indonesia.

4. Ryuji anggap timnya sudah tampil maksimal

Hanya Bermain Imbang, Ivan Kolev: Persija Sudah Tampil MaksimalInstagram/ ryujiutomo

Walaupun hasilnya tak sesuai, Kolev tetap mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang telah ditunjukan anak asuhnya. Kata dia, Persija pantas memenangkan pertandingan pada hari ini.

Sementara, Ryuji Utomo, mengatakan timnya sudah berusaha maksimal dalam laga tersebut. Buktinya, lanjut dia, Persija bisa menguasai jalannya laga. Hanya, timnya masih kurang fokus saja dalam laga tersebut.

Hasil ini membuat Persija hanya mengantongi satu poin karena bermain imbang. Selanjutnya, Persija akan menjalani laga tandang melawan Shan United di Myanmar pada 12 Maret mendatang.

Baca Juga: Membedah Timnas Thailand, Lawan Indonesia di Final Piala AFF U-22

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya