Comscore Tracker

Ini Jadwal Timnas Indonesia Jajal Timor Leste di FIFA Match Day

Timnas Indonesia persiapkan tim menuju Piala AFF U-23

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia dipastikan bakal menjajal kekuatan Timor Leste dalam laga bertajuk FIFA Match Day. Skuad Garuda dijadwalkan akan menjamu negara tetangga tersebut, dalam dua laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada 27 dan 30 Januari 2022.

Hal ini sekaligus memastikan timnas Indonesia bisa mendapatkan lawan bertanding selama jeda internasional. Mereka sempat terancam tak melakukan pertandingan persahabatan resmi, karena kesulitan mencari lawan yang siap diajak bertanding. 

"Saat ini, Timor Leste sudah tiba di Jakarta dan melakukan karantina bubble selama empat hari," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilis resmi PSSI, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga: PSSI Sebut Timor Leste Jadi Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match Day

1. Timor Leste sudah lakukan karantina di Jakarta sebelum terbang ke Bali

Ini Jadwal Timnas Indonesia Jajal Timor Leste di FIFA Match Daywww.foxsportsasia.com

Yunus memastikan, Timor Leste bakal langsung terbang ke Bali pada 24 Januari 2022, usai menjalani karantina di Jakarta. Selama menjalani dua laga uji coba di Pulau Dewata, kedua kesebelasan pun dipastikan akan menerapkan sistem bubble dan penerapan prokes ketat. 

Selain itu, Yunus juga menyebut timnas Indonesia langsung menyiapkan diri untuk tampil baik dalam dua laga nanti. Para pemain yang sudah dipanggil bahkan langsung mengikuti latihan pada hari ini.

"Timnas Indonesia hari ini juga sudah melakukan latihan di Bali. Kami harap pertandingan berjalan lancar dan skuad Garuda meraih kemenangan yang tentu akan menambah poin di peringkat FIFA," ujar dia.

2. Witan, Egy, dan Asnawi diistirahatkan

Ini Jadwal Timnas Indonesia Jajal Timor Leste di FIFA Match DayWitan Sulaeman (instagram.com/witansulaiman_)

Sebelumnya, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, resmi memanggil 27 pemain untuk persiapan laga uji coba internasional (FIFA Match Day). Sederet nama pesepak bola tanah air yang semula memperkuat skuad Garuda di Piala AFF 2020, tak masuk dalam daftar.

Nama Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Asnawi Mangkualam tak masuk dalam daftar 27 pemain yang dipanggil Shin. Meski begitu, sejumlah nama baru tampak mengisi kekosongan di skuad Garuda.

Pemain baru tersebut yakni Muhammad Adisatryo (Persik), Achmad Figo (Arema FC), Sani Rizki (Bhayangkara FC), dan Terens Puhiri (Borneo FC). Selain itu, dua wonderkid yang lagi naik daun yakni Marselino Ferdinan (Persebaya) dan Ronaldo Joybera (Madura United) juga turut dipanggil.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022

3. Shin persiapkan tim menuju Piala AFF U-23

Ini Jadwal Timnas Indonesia Jajal Timor Leste di FIFA Match DayLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Sejatinya, Timnas Indonesia dijadwalkan bentrok dengan Bangladesh dalam laga uji coba bertajuk FIFA Match Day pada 24 dan 27 Januari 2022. Sang lawan bahkan sempat menyatakan kesiapannya menjalani laga di Bali. Namun, regulasi protokol kesehatan di Indonesia membuat tim lawan akhirnya mengumumkan mundur.

“Kami masih diskusi, tapi untuk tanggal 24 dan 27 Januari itu dipastikan gagal, karena mohon maaf mereka di sana baru vaksin sekali, karena mungkin ketentuan di negaranya lain. Kami tak ikut turut campur soal itu, tapi negara kita mengharuskan regulasi vaksin dua kali,” ujar Iriawan kepada awak media, Kamis, 13 Januari 2022.

Walhasil, PSSI bergerak cepat dan mendapat kepastian dari Timor Leste untuk jadi lawan bertanding. Selain untuk menambah pundi-pundi poin, laga Indonesia melawan Timor Leste juga bakal dijadikan bagian persiapan Timnas U-23 untuk menghadapi Piala AFF U-23 2022 pada Februari mendatang di Kamboja.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya