Gelar TC Virtual, Ini Perkembangan Timnas U-19 Terkini

Shin Tae-yong lihat Timnas U-19 tunjukan perkembangan

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 masih terus digenjot walau hanya menjalani latihan secara daring. Pelatih Shin Tae-yong pun merasakan perkembangan cukup baik dari para penggawa Garuda Muda yang sudah menjalankan TC virtual sejak 5 November 2020.

"Saat ini kondisi pemain tidak ada masalah. Pemain tetap bekerja keras, semangat dan terus mengalami perkembangan yang positif. Selain mengikuti virtual training, pemain juga menjalani latihan tambahan yang selalu dilaporkan ke tim pelatih," kata Shin Tae-yong dalam rilis resmi PSSI.

Virtual TC ini merupakan lanjutan program pelatih asal Korea Selatan tersebut pasca-skuat Garuda Muda menggelar latihan dan uji coba di Kroasia selama dua bulan. Rencananya mereka bakal menjalani latihan virtual hingga 15 November mendatang.

1. Shin Tae-yong masih gunakan mayoritas pemain lama

Gelar TC Virtual, Ini Perkembangan Timnas U-19 TerkiniShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Shin Tae-yong memanggil Mayoritas pemain yang sebelumnya diboyong ke Kroasia. Hanya sedikit tambahan wajah baru dari 33 nama yang menghiasi skuat Garuda Muda di TC virtual ini.

Sementara, dua pemain yang jadi andalan selama TC di kampung halaman Luka Modric, yakni Elkan Baggott dan Witan Sulaeman tak masuk dalam daftar pemain yang dipanggil kali ini. Mereka sedang mengikuti kompetisi di klub mereka masing-masing dan adanya perbedaan waktu.

Elkan sendiri saat ini tercatat sebagai pemain Ipswich Town, Inggris. Sedangkan Witan membela FK Radnik Surdulica, Serbia.

Baca Juga: Daftar 33 Pemain di TC Virtual Timnas U-19, Tak Ada Nama Baggott

2. Timnas U-19 sudah jalani 11 laga uji coba di Kroasia

Gelar TC Virtual, Ini Perkembangan Timnas U-19 TerkiniPemain Timnas U-19, Braif Fatari. (pssi.org).

Timnas U-19 sebelumnya telah menyelesaikan 11 laga uji coba selama melakukan pemusatan latihan di kampung halaman Luka Modric. Mereka tampil cukup baik dalam laga uji coba tersebut dengan mencetak total 19 gol dan kemasukan 17 gol.

Setelah menundukan Hajduk Split 4-0, Timnas U-19 berhasil meraih lima kemenangan, yakni melawan Qatar (2-1), Dinamo Zagreb (1-0) dan NK Dugopoljie (3-0) dan Makedonia Utara (4-1). Lalu, kalah tiga kali, yakni oleh Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), dan Bosnia Herzegovina (0-1),

Sisanya, Timnas U-19 meraih tiga kali imbang, masing-masing kontra Arab Saudi (3-3), Qatar (1-1), serta Makedonia Utara (0-0).

3. Timnas U-19 bakal TC ke Belanda

Gelar TC Virtual, Ini Perkembangan Timnas U-19 TerkiniPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Timnas U-19 sendiri rencananya bakal melakukan TC di Belanda. Namun demikian, sampai sejauh ini PSSI belum memberi kejelasan terkait kapan mereka bakal berangkat ke Negeri Kincir Angin tersebut.

Skuat Garuda Muda sejauh ini masih melakukan masa persiapan untuk menentukan skuat terbaik. Timnas U-19 bakal dihadapkan kompetisi internasional pada tahun depan, Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 Indonesia.

Baca Juga: Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa Agenda

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya