Ini Syarat yang Diminta BOPI Supaya Liga 1 Bisa Kembali Digelar

BOPI akan hentikan kompetisi jika ada korban jiwa lagi

JAKARTA, IDN Times - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menemui Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/4). Hal itu dilakukan terkait permohonan pengajuan rekomendasi penyelenggaraan kompetisi sepak bola profesional Liga 1 dan Liga 2, yang menurut rencana akan digelar bulan depan.

Ketua Umum BOPI Richard Sam Bera menyatakan pada prinsipnya BOPI menyambut baik permohonan rekomendasi kompetisi liga. “Tapi sejalan itu, kita harus melakukan verifikasi ketat sebelum mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan kegiatan sebuah olahraga profesional,” kata Richard dalam rilis yang diterima IDN Times.

1. BOPI minta PT LIB evaluasi Liga 1, Liga 2, dan Piala Indonesia

Ini Syarat yang Diminta BOPI Supaya Liga 1 Bisa Kembali DigelarIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Menurut dia, hal itu sesuai visi BOPI mendukung berkembangnya semua industri profesional olahraga Indonesia yang membawa dampak positif bagi perekonomian Tanah Air. Richard memaparkan, beberapa hal menjadi perhatian utama BOPI sebelum mengeluarkan rekomendasi bagi PT LIB.

"Antara lain evaluasi pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 musim 2018, pelaksanaan Piala Presiden, dan hal-hal terkait ketaatan regulasi serta unsur-unsur profesionalisme klub peserta liga," ujar eks atlet renang nasional tersebut.

Baca Juga: Siapa Paling Pantas Jadi Komisaris PT. Liga Indonesia Baru? 

2. BOPI akan melakukan verifikasi dua pekan

Ini Syarat yang Diminta BOPI Supaya Liga 1 Bisa Kembali DigelarDok. Kemenpora

Ia mencontohkan bagaimana status profesionalisme klub terkait badan hukum, kondisi keuangan, kontrak pemain, tunggakan gaji sebelumnya, persyaratan bagi pemain asing, pajak, peningkatan kapasitas wasit, infrastruktur, dan lain-lain itu tak luput dari evaluasi tersebut.

Dalam waktu dua pekan setelah pengajuan rekomendasi diajukan, BOPI akan melakukan verifikasi kepada beberapa klub terkait pemenuhan unsur profesionalisme peserta liga sepak bola profesional.

“Tapi sebelumnya kami juga minta surat resmi bahwa PT LIB merupakan operator liga musim ini. Sampai saat ini kami belum pegang surat mandat itu,” beber Richard.

3. BOPI akan hentikan kompetisi jika kembali memakan korban jiwa

Ini Syarat yang Diminta BOPI Supaya Liga 1 Bisa Kembali DigelarANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Untuk itu, BOPI meminta komitmen operator kompetisi terhadap jaminan keselamatan dan keamanan semua pihak. Pada musim kompetisi ke depan, BOPI menekankan jangan ada lagi suporter terlibat kekerasan, apalagi sampai timbul korban jiwa.

“Kalau sampai ada korban jiwa, kami tak ada opsi lain kecuali menghentikan kompetisi dengan cara mencabut rekomendasi. Juga terkait penegakan hukum yang selama ini tidak konsisten, harap lebih diperhatikan. Padahal hal ini sebenarnya merupakan kunci dari integritas kompetisi itu sendiri,” jelasnya.

4. Klub harus memiliki kemampuan keuangan yang baik

Ini Syarat yang Diminta BOPI Supaya Liga 1 Bisa Kembali DigelarTwitter/@persib

Richard juga mengingatkan agar setiap klub dipastikan memiliki kemampuan keuangan yang kuat. “Harus dipastikan mereka semua bisa bertahan sampai kompetisi berakhir pada 22 Desember nanti,” ujarnya.

“Kami berharap Liga 1 dan Liga 2 musim 2019 menjadi penyelenggara liga terbaik sepanjang sejarah. Selain berujung pada peningkatan prestasi, juga menyajikan entertainment kelas tinggi, menghibur, aman, nyaman, memberikan inspirasi dan enak ditonton sebagai hiburan keluarga,” sambung Richard.

Baca Juga: 9 Super Big Match Sepak Bola Sepanjang Bulan April 2019

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya