Inilah Facundo Pellistri, Bintang Muda Anyar Milik Manchester United

Facundo Pellistri dapat pujian dari Riquelme

Jakarta, IDN Times - Manchester United berhasil mendatangkan empat pemain anyar pada deadline hari terakhir bursa transfer musim panas untuk memperkuat skuatnya di Liga Inggris 2020/2021. Pemain yang berhasil didaratkan adalah Edinson Cavani, Alex Telles, Amad Traore (mulai bergabung Januari 2021), dan Facundo Pellistri.

Nama terakhir memang tak setenar Cavani ataupun Telles. Namun, kenapa Setan Merah mempercayai pemain berusia 18 tahun tersebut untuk diandalkan di Premier League. Siapakah dia?

Wajar jika namanya belum familier di telinga pencinta sepak bola dunia, sebab Facundo Pellistri selama ini hanya menjalani karier sepak bola di kampung halamannya uruguay. Dia merupakan pemain Club Atletico Penarol, klub kasta tertinggi Uruguay dan baru memulai debut bersama tim utama pada 2019 silam dan berhasil tampil gemilang.

1. Facundo Pellistri dan Baby Futbol

Facundo Pellistri adalah pemain muda yang lahir di Montevideo pada 20 Desember 2001. Dia merupakan pemain yang memulai belajar mengolah si kulit bundar di Baby Futbol, yakni sekolah sepak bola bagi anak-anak yang memberikan banyak waktu untuk bertanding karena sekolah itu bisa menggelar sekitar dua ribu pertandingan setiap pekan yang diikuti 200 ribuan anak-anak.

Nama Baby Futbol memang tak asing bagi orang-orang Amerika Selatan. Bahkan, nama-nama beken, seperti Alvaro Recoba, Luis Suarez, Edinson Cavani, sampai bintang Argentina yang saat ini membela Manchester City, Sergio Kun Aguero merupakan sederet pemain yang berhasil diorbitkan dari sekolah tersebut.

Facundo Pellistri yang sudah fasih bermain bola pun langsung menggeluti hobinya itu lebih serius dengan bergabung bersama klub lokal River Plate Montevide. Dirinya termotivasi kesuksesan Luis Suarez yang berhasil tampil sukses dalam menjalani karier sepak bola di Eropa.

2. Riquelme puji potensi winger anyar Setan Merah

Inilah Facundo Pellistri, Bintang Muda Anyar Milik Manchester Unitedtwitter.com/FPellistri07

Dia mulai menunjukkan bakat yang luar biasa hingga akhirnya bisa masuk ke Penarol. Bahkan, bakatnya semakin terasah sampai dia berhasil dipromosikan untuk masuk ke tim utama musim lalu. Facundo Pellisri pun berhasil membukukan 37 pertandingan di pelbagai ajang bersama Penarol dengan menorehkan dua gol dan empat assist.

Potensi luar biasanyanya selama tampil di kompetisi domestik ternyata tak luput dari perhatian legenda Argentina, Juan Roman Riquelme. Bahkan, legenda Boca Junior tersebut dengan yakin menyebut jika Pellistri punya bakat spesial sebagai pemain yang tampil sebagai winger.

Dia merupakan pemain muda yang sangat berbakat. Walau belum sering tampil, kita bisa melihat bagaimana dia sedikit nakal saat menguasai bola. Sangat jarang pemain yang sudah berani seperti dia [tampil sedikit nakal]. Hal itu jadi modal penting untuk membuatnya sukses," ujar Riquelme dikutip laman resmi Manchester United.

Baca Juga: Dia Amad Traore, Bocah 18 Tahun yang Dibayar Mahal Manchester United

3. Pellistri masih harus membuktikan diri layak jadi pemain Manchester United

Inilah Facundo Pellistri, Bintang Muda Anyar Milik Manchester Unitedas.com

Manchester United yang berhasil menang dalam persaingan dengan Barcelona dan Real Madrid untuk mendapatkan Facundo Pellistri ini, disebutkan harus mengeluarkan dana sebanyak €10 juta atau setara Rp173 miliar untuk memboyongnya ke Old Trafford. Dia bakal menerima kontrak dengan durasi selama lima tahun bersama Setan Merah.

Keberhasilan Manchester United mendaratkan Pellistri ini digadang-gadang tak lepas dari campur tangan Diego Forlan. Sebagai mana diketahui, pemain yang sempat menjadi mesin gol Manchester United di Premier League itu sempat menangani sang pemain saat masih menjadi pelatih Penarol.

4. Pellistri masih harus membuktikan diri layak jadi pemain Manchester United

Inilah Facundo Pellistri, Bintang Muda Anyar Milik Manchester Unitedtwitter.com/OficialCAP

Forlan sendiri tak memungkiri jika Pellistri merupakan pemain muda yang memiliki potensi besar. Hanya saja, dia masih butuh banyak latihan untuk bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki dan bisa menjadi bintang masa depan Uruguay ke depan.

Meski demikian, usianya yang masih muda dan bakat besarnya itu belum bisa menjamin Facundo Pellistri bisa sukses bersama manchester United. Butuh pembuktian dan usaha yang sangat besar sampai dia dinyatakan layak menjadi bintang di Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Latin yang Pernah Sukses Bela Manchester United 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya