Comscore Tracker

Israel Lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia

PSSI sudah jamin Israel bisa main di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Israel jadi salah satu negara yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Mereka meraih tiket ke putaran final usai menduduki posisi runner-up babak penyisihan Grup B di Piala Eropa U-19 2022.

Kelolosan Israel ke Piala Dunia U-20 ini terbilang cukup beruntung. Mereka mengalami kekalahan di laga terakhir melawan Inggris. Namun, di waktu yang sama, Serbia yang punya kans juga untuk lolos, malah kalah dari Austria dengan skor 2-3.

Hal itu membuat mereka merah empat poin. Sedangkan, Serbia yang gagal menang hanya meraup satu poin saja, disusul Austria yang mengalahkan mereka di duel terakhir.

1. Ucapan selamat dari asosiasi sepak bola Israel (IFA)

Kelolosan Israel ke Piala Dunia U-20 di Indonesia merupakan yang pertama kalinya sepanjang sejarah. Hal itu pun disyukuri ketua konfederasi sepak bola negara tersebut (IFA).

"Selamat kepada para pemain yang luar biasa, yang telah mencatat pencapaian bersejarah dengan lolos ke semifinal Kejuaraan Eropa dan memastikan diri tampil di Piala Dunia di Indonesia tahun depan,” ujar Ketua Umum IFA, Oren Hasson dikutip akun Instagram resminya, Minggu (26/6/2022).

“Ini merupakan investasi besar dan belum pernah dilakukan sebelumnya oleh tim-tim muda di asosiasi sepak bola ini. Konstruksi yang tepat, jalan dan pengetahuan, membuahkan hasil yang menjanjikan. Kami memiliki hadiah yang mengesankan dan kami akan melakukan segalanya untuk membuat masa depan lebih baik," lanjut dia.

Oren pun tak lupa mengapresiasi tim yang dipimpin Yila Hus, Bonnie Ginzburg, Moshe Sinai, dan tentu saja kepada pelatih tim muda Ofir Haim dan koleganya yang profesional. Tim ini disebut, telah menunjukkan jika mimpi menjadi kenyataan dan langit adalah batasnya.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 di Indonesia Digelar 20 Mei 2023

2. Ketum PSSI sebut Israel bisa main di Piala Dunia U-20 Indonesia

Israel Lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia

Tampilnya Israel di Piala Dunia U-20 2023 mendatang pun berpeluang menimbulkan polemik. Selain tak memiliki hubungan diplomatik, konflik negara tersebut dengan Palestina menjadi sorotan masyarakat Indonesia.

Namun demikian, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan hal itu tak akan memberikan dampak apapun. Dia memastikan Israel bisa mentas di Piala Dunia U-20 yang dihelat di Indonesia.

“Soal Israel, saya sudah melakukan tanda tangan agreement bersama pemerintah tahun lalu. jadi, siapa saja bisa datang. Ini sepak bola. Jadi, itu bukan masalah. Israel bakal tetap diakomodir,” kata Iriawan beberapa hari lalu.

3. Sudah ada 5 tim yang lolos ke Piala Dunia U-20 Indonesia

Israel Lolos ke Piala Dunia U-20 di IndonesiaPiala Dunia U-20 2021. (pssi.org)

Israel pun kini jadi jadi negara kelima yang sudah memastikan diri tampil di Piala Dunia U-20 2023. Sebelum mereka, Timnas Indonesia sudah pasti ambil bagian, karena ajang ini digelar di tanah air. Indonesia mendapat tiket lolos otomatis dari FIFA karena ditunjuk sebagai tuan rumah.

Selain itu, tiga tim lainnya juga sudah dipastikan lolos. Mereka adalah tiga negara top Eropa yang acap kali melahirkan bintang dunia, yakni Italia, Prancis, dan Inggris.

FIFA sendiri sudah mengumumkan gelaran Piala Dunia U-20 2023 bakal mulai dilangsungkan pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

Baca Juga: Piala Presiden Bakal Jadi Standar Kompetisi Liga dan Piala Dunia U-20

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya