Ivar Jenner dan Rafael Struick Menuju Indonesia, Segera Jadi WNI

Ivar dan Rafael bisa segera perkuat Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Proses naturalisasi dua pemain keturunan, Ivar Jenner dan Rafael Struick, nampaknya bakal segera rampung. Kedua pemain yang kini tampil di Liga Belanda itu disebut tengah dalam perjalanan menuju Indonesia untuk segera disahkan jadi WNI.

Hal itu diungkapkan anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, melalui akun Instagram pribadinya pada Minggu (21/5/2023).

Sesuai janji Ketum Erick Thohir, mereka akan datang setelah kompetisi mereka selesai. Dan, sekarang sedang dalam perjalanan ke Indonesia. Selesai selebrasi Juara Sea Games [2023] langsung kerja,” kata Arya dalam unggahannya.

1. Ivar Jenner dan Rafael Struick tinggal diambil sumpah

Ivar Jenner dan Rafael Struick Menuju Indonesia, Segera Jadi WNIAksi Rafael William Struick bersama Timnas Indonesia U-20 saat bersua Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022). (dok. PSSI).

Ivar dan Rafael  sendiri memang tinggal merampungkan satu proses lagi untuk bisa mengantongi paspor Indonesia. Keduanya tinggal melakukan pengambilan sumpah di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk menuntaskan naturalisasinya. 

Sebelumnya, proses pengambilan sumpah kedua pemain ini sedikit tertunda. Maklum, mereka sibuk tampil di kompetisi domestik Belanda musim ini. Alhasil, mereka harus sabar menunggu hingga kompetisi rampung.

Usai menjalani musim ini, Ivar yang membela Jong Utrech dan Rafael memperkuat ADO Den Haag, bergegas meinggalkan tanah kelahiranya menuju kampung halaman leluhurnya.

Baca Juga: Naturalisasi Justin Hubner Batal, Erick Thohir: Saya Gak Bisa Larang

2. Ivar ungakap alasan mau jadi WNI

Ivar Jenner dan Rafael Struick Menuju Indonesia, Segera Jadi WNIIvar Jenner dalam sesi latihan bersama Timnas Indonesia U-20. (pssi.org).

Penampilan Ivar dan Rafael bersama klubnya masing-masing cukup baik selama musim lalu. Ivar yang kini masih berusia 19 tahun, menjalani 13 pertandingan dalam kompetisi bersama Jong Utrecht. Sedangkan, Rafael yang menginjak usia 20 tahun, baru dua kali merumput bersama ADO Den Haag.

Ivar sempat membeberkan alasannya mau bermain untuk Timnas Indonesia. Cinta dari para penggemar, membuatnya berpaling dari Belanda dan memilih membela tanah leluhurnya.

Masa depan Jenner sebenarnya cukup menjanjikan bersama Belanda. Sebab, dia sempat dipanggil dan main bareng Timnas Belanda U-17.

"Indonesia negara besar dengan banyak penggemar. Misalnya, akun media sosial saya sangat banyak (followers). Saya menerima banyak pesan baik. Mereka mencintai saya dan ingin saya ke sini," ujar Jenner.

3. Ivar Jenner dan Rafael Struick bisa segera perkuat Timnas Indonesia

Ivar Jenner dan Rafael Struick Menuju Indonesia, Segera Jadi WNIJustin Hubner dan Ivar Jenner tiba di Indonesia, Minggu (23/10/2022). (Twitter/@PSSI)

Erik pun tak menampik, para pemain naturalisasi, termasuk Ivar dan Rafael, berpotensi memperkuat tim besutan Shin Tae Yong yang akan tampil pada sejumlah kejuaraan bergengsi. Maklum, Timnas Indonesia ditunggu jadwal padat di FIFA match day, Asian Games, kualifikasi Piala Dunia 2026, hingga Piala AFC dari tahun ini hingga 2024. 

“Ya semua terbuka, karena memang sesuai diskusi saya dengan Coach Shin Tae Yong waktu itu, bahwa kita ada FIFA Matchday di bulan Juni, di bulan september, Oktober, November banyak event besar. Oktober November ada kualifikasi Piala Dunia buat 2026, lalu ada AFC pada September, dan Asian Games,” kata dia.

“Salah satu diskusi kita dengan Shin Tae Yong, kita akan membentuk tim jangka panjang yaitu di usia muda dan para pemain yang kita harapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia. Siapapun yang terbaik sesuai kualifikasi, ya kita dorong bisa memperkuat Tim Nasional,” lanjut Erick soal kans Ivar Jenner dan Rafael Struick tampil bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga: Erick Pastikan Proses Naturalisasi 2 Pemain Ini Segera Rampung!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya