Sah! Iwan Budianto adalah Plt Ketua Umum PSSI yang Sesungguhnya

PSSI sering bikin bingung, Ketua Umum saja tidak jelas!

Jakarta, IDN Times - Teka-teki mengenai siapa Ketua Umum federasi sepakbola tertinggi di Indonesia, PSSI, akhirnya terjawab. Komite Eksekutif akhirnya memutuskan Wakil Ketum PSSI, Iwan Budianto menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum PSSI dalam rapat yang digelar pada Kamis (2/5) kemarin.

Pemilihan Iwan sebagai Plt. Ketum PSSI ini sudah sesuai dengan statuta yang biasa digunakan sesuai dengan pasal 40 ayat 6 Statuta PSSI, di mana hal itu terkait situasi yang dialami Ketua Umum sebelumnya, Joko Driyono, yang tersandung masalah hukum akibat perusakan barang bukti kasus pengaturan skor.

1. PSSI berikan kabar perkembangan Joko Driyono kepada FIFA, AFC, dan AFF

Sah! Iwan Budianto adalah Plt Ketua Umum PSSI yang Sesungguhnyapssi.org

Dalam rilis yang diterima IDN Times, PSSI juga melaporkan kepada FIFA, AFC, dan AFF update situasi dari Ketua Umum sebelumnya, Joko Driyono. Sementara, PSSI juga harus mengisi tiga posisi Exco yang kosong sampai Kongres Biasa selanjutnya sesuai dengan pasal 34 ayat 7 Statuta PSSI. Sebab, hal itu juga sudah ada dalam masukan yang ditulis FIFA melalui suratnya berdasarkan saran dan masukan mereka.

Baca Juga: Gusti Randa: Exco PSSI Itu Gak Digaji, Bos!

2. FIFA juga beri masukan terkait jadwal kongres

Sah! Iwan Budianto adalah Plt Ketua Umum PSSI yang Sesungguhnyatwitter.com/SquawkaNews

Sebelumnya, perwakilan FIFA dan AFC sudah bertemu PSSI pada Kamis (11/4) lalu di Jakarta. Tiga Exco yang mengisi posisi kosong tersebut diharuskan memenuhi kriteria sebagaimana diatur dalam Statuta PSSI.

Dalam suratnya, FIFA juga memberikan masukan terkait jadwal kongres pemilihan Ketum dan anggota Exco PSSI yang baru. Mereka menyarankan untuk menggelar kongres PSSI tersebut pada bulan Januari 2020. Hanya, sebelumnya akan dilakukan Kongres Luar Biasa (KLB) terlebih dahulu untuk menentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan.

3. FIFA minta PSSI menjalankan program sesuai dengan timeline

Sah! Iwan Budianto adalah Plt Ketua Umum PSSI yang SesungguhnyaKiss

Plt. Ketum PSSI, Iwan Budianto, menyebut bahwa semua hasil rapat exco itu sudah sesuai dengan saran dari FIFA. Sebab, kata dia, PSSI harus tetap menjalankan roda organisasi dan menjalankan semua program sesuai dengan timeline.

“Intinya FIFA ingin PSSI untuk tetap menjalankan programnya sesuai timeline, seperti kompetisi dan program FIFA Forward yang terdiri dari pengembangan pelatih dan pemain melalui FILANESIA dan Pengembangan Wasit," kata Iwan.

"Terlebih lagi, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah untuk Kualifikasi Piala AFC U-16 dan U-19. Karena itu, Kongres Biasa pemilihan akan dilaksanakan pada 25 Januari 2020, lebih cepat dari masa jabatan yaitu November 2016-November 2020,” sambungnya.

4. Gusti Randa sempat mengklaim dirinya jadi Plt. Ketum PSSI yang sah

Sah! Iwan Budianto adalah Plt Ketua Umum PSSI yang SesungguhnyaIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Sebelum terpilihnya Iwan menjadi Plt. Ketum PSSI yang baru, sempat terjadi polemik dalam menentukan nama yang bakal mengisi pucuk tertinggi PSSI. Sebab, Gusti Randa yang jadi anggota Exco pSSI sempat mengklaim bahwa dirinya Ketum PSSI yang sah.

Bahkan, jabatannya itu diraih karena surat tugas bernomor 1015/UDN/568/III-2019 yang ditandatangani Joko Driyono yang menyatakan bahwa Gusti Randa diberi tugas untuk dan atas nama Ketua Umum guna menjalankan roda organisasi harian PSSI dan mengambil langkah-langkah khusus yang diperlukan.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Kongres Luar Biasa PSSI

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya