Jadi Runner-up AFF, Timnas Indonesia Dapat Bonus Rp2,5 Miliar!

Timnas Indonesia jadi runnerup di Piala AFF 2020

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memberi bonus kepada Timnas Indonesia yang mampu menjadi runner-up di Piala AFF 2020. Total, ada 2,5 miliar yang diberikan kepada skuad Garuda sebelum pemain kembali ke klubnya masing-masing.

Penyerahan bonus itu dilakukan saat acara pelepasan pemain yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta pada Kamis (6/1/2022). Bonus diberikan secara simbolis oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad iriawan, ke perwakilan pemain, yakni Asnawi Mangkualam Bahar dan pelatih Shin Tae Yong.

Pelepasan itu sekaligus menjadi akhir karantina Timnas Indonesia yang seharusnya berlangsung 10 hari. Mereka mendapat kelonggaran karantina menjadi lima hari dari pemerintah lantaran bermain dalam sistem bubble di Piala AFF 2020.

1. Bonus merupakan gabungan dari hadiah dan sumbangan beberapa pihak

Jadi Runner-up AFF, Timnas Indonesia Dapat Bonus Rp2,5 Miliar!Acara pelepasan pemain Timnas Indonesia yang sudah menjalani masa karantina usai kembali dari Piala AFF 2020 Singapura (IDN Times/Ilyas Mujib)

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, menyebut bonus sebesar Rp2,5 miliar yang diberikan merupakan gabungan dari uang hadiah Piala AFF 2020 dan sumbangan dari sejumlah pihak. Jika dirinci, 100 dollar dari hadiah sebagai runner-up dan sisanya dari beberapa orang yang memberikan bonus untuk pemain.

Ia juga menyebut, jika PSSI menalangi lebih dulu sebagian uang bonus yang diberikan kepada Timnas Indonesia. Sebab, uang hadiah Piala AFF 2020 baru akan cair pada akhir Januari atau awal Februari 2022.

"Hadiah Piala AFF seharusnya keluar akhir Januari atau Februari baru cair, yakni sebesar Rp1,4 miliar. Saya bilang ke Ketum PSSI (Mochamad Iriawan), saya cairkan dulu. Ini yang dari Piala AFF. Jadi statusnya yang diberikan ke pemain adalah dari AFF," kata Yunus kepada awak media.

Baca Juga: Ini Pesan Ketum PSSI Sebelum Pemain Timnas Indonesia Kembali ke Klub

2. PSSI akan berikan bonus terpisah

Jadi Runner-up AFF, Timnas Indonesia Dapat Bonus Rp2,5 Miliar!Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam sebuah pertemuan. (Dok. PSSI)

Sementara, sebagian dari bonus yang diberikan kepada pemain, didapat beberapa orang, mulai dari Manajer Timnas Indonesia Sumardji, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan, hingga Bos Arema FC Gilang Widya Permana.

PSSI sendiri, belum memberikan bonus khusus untuk para pemain Timnas Indonesia yang mentas di Piala AFF. Yunus hanya memastikan, jika federasi akan memberikan bonus sendiri di luar dari yang diberikan kepada pemain kali ini. Hanya saja, ia belum bisa memastikan kapan bonus tersebut diberikan.

"Bonus dari PSSI? Belum. Masih kami lihat bagaimana keuangan PSSI. Kan ada bonus dari Pak Endri (Erawan) Rp100 juta, Sumardji sebesar Rp500 juta, dan dari Gilang (Widya Pramana) Rp500 juta. Ini cukup banyak mereka dapat. Kalau Timnas juara pasti lebih banyak lagi," ujar Yunus.

3. Arahan Ketum PSSI untuk pemain Timnas Indonesia

Jadi Runner-up AFF, Timnas Indonesia Dapat Bonus Rp2,5 Miliar!Winger Timnas Indonesia, Irfan Jaya, merayakan gol ke gawang Malaysia (Dok. PSSI)

Di luar itu, Ketua Umum PSSI, Mochamar Iriawan, menitipkan pesan kepada para pemain Timnas Indonesia yang mentas di Piala AFF 2020, sebelum pemain kembali ke klubnya masing-masing. 

“Hari ini saya kumpulkan, karena saya ingin bicara sebelum kalian kembali ke klub dan ke keluarga masing-masing. Mereka akan kembali ke klub dan keluarganya. Kami memberikan arahan beberapa hal, seperti menjaga stamina dan performa semuanya, karena Agenda masih banyak. Ada Piala AFF U-23, SEA Games, Piala AFF senior lagi dll. Yang harus kita ikuti,” ujar pria yang kerap disapa Iwan Bule itu. 

Kemungkinan, sebagian dari para pemain akan kembali dikumpulkan oleh Shin Tae Yong. Sebab, Timnas Indonesia dijadwalkan akan menggelar laga uji coba pada FIFA Match Day yang digelar 24 Januari-1 Februari 2022. 

Baca Juga: 8 Fakta NCT 127 yang Lagunya Jadi Musik Background di Video PSSI

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya