Jadwal Liga 1 2020 Beredar, Persebaya vs Persik Jadi Laga Pembuka!

Liga 1 2020 bakal tetap berlangsung selama bulan Ramadan

Jakarta, IDN Times - Sepak mula kompetisi Liga 1 2020 bakal dihelat akhir Februari 2020. Namun, sejauh ini belum ada pengumuman resmi jadwal pertandingan musim ini, tapi pada Selasa (4/2) pagi, muncul beredar informasi draft jadwal pertandingan beberapa pekan Liga 1.

Draft jadwal tersebut ternyata dikeluarkan PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi. Hal itu diperkuat dengan surat yang sudah ditujukan untuk Persib melalui surat bernomor 045/LIB/II/2020, tercatat secara rinci rencana agenda kompetisi Liga 1 mulai dari pekan pertama sampai dengan pekan ke-34.

“Sehubungan dengan pelaksanaan kompetisi Liga 1 2020, bersama ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan draft jadwal pertandingan Liga 1 2020 sebagaimana terlampir,” tulis surat PT LIB untuk klub dikutip dari laman resmi Persib.

1. Liga 1 2020 bakal tetap berjalan jika mengacu pada draft yang beredar

Jadwal Liga 1 2020 Beredar, Persebaya vs Persik Jadi Laga Pembuka!Pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Berdasarkan draft tersebut, jika kompetisi berjalan sebagaimana mestinya dan tak banyak laga yang tertunda karena sesuatu hal, Liga 2020 dipastikan bisa selesai 31 Oktober.

Hal itu tentu jadi berita baik karena kompetisi harus segera selesai sebelum akhir tahun mengingat padatnya jadwal Timnas Indonesia senior sampai kelompok umur.

Pada kompetisi tahun ini juga, Liga 1 tetap akan menggelar pertandingan di bulan puasa. Hanya saja, pertandingan digelar sedikit lebih malam. Jika pada jadwal reguler pertandingan biasanya dilangsungkan dalam dua waktu, yakni sore pukul 15.30 WIB dan petang pukul 18.30 WIB, memasuki bulan Ramdan bakal pindah menjadi pukul 20.30 WIB saja.

Baca Juga: Sah! 6 Tim dari Liga 3 Sukses Promosi ke Liga 2 2020!

2. Derbi Jawa Timur akan jadi pembuka pergelaran Liga 1 2020

Jadwal Liga 1 2020 Beredar, Persebaya vs Persik Jadi Laga Pembuka!Irfan Jaya ketika mencetak gol untuk Persebaya di Liga 1 2019. persebaya.id

Pekan pertama Liga 1 2020 bakal dimulai pada 29 Februari dengan melangsungkan tiga laga. Berdasarkan draft tersebut, laga pembuka Liga 1 2020 bakal menyajikan derbi Jawa Timur yang beberapa tahun ke belakang sudah jarang terjadi, yakni Persebaya kontra klub yang baru promosi sekaligus juara Liga 2 2019, Persik.

Setelahnya, dilanjutkan laga yang tak kalah seru lainnya di mana Madura United bakal langsung menjamu tim kuat Kalimantan, Barito Putera. Barulah laga terkahir di hari tersebut ditutup pertandingan antara Los Galaticos anyar dari Jakarta, Bhayangkara FC, yang bakal kedatangan tamu dari ujung Sumatera, Persiraja.

3. Kemungkinan jadwal bisa berubah sangat besar karena belum ada pengumuman resmi dari PT LIB

Jadwal Liga 1 2020 Beredar, Persebaya vs Persik Jadi Laga Pembuka!IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sehari berselang, baru lah empat pertandingan lainnya kembali digelar. Laga-laga seru tersebut adalah Persija menjamu Borneo FC, Persipura melawan PSIS, Persib kontra Persela, dan PSM yang bakal bentrok dengan PSS.

Dan, pekan perdana tersebut di tutup dua laga seru yang bakal dijalankan pada 2 Maret, di mana Persikabo bakal bersua dengan Arema FC di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor dan Bali United yang menjamu tim promosi Persita Tangerang di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Namun demikian, jadwal tersebut masih berupa draft. Jika PT LIB belum mengumumkan secara resmi jadwal Liga 1 2020, masih besar kemungkinan jadwal nanti akan berbeda dengan draft yang sudah beredar.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan TVRI Siarkan Liga Inggris, Bukan Liga 1 Indonesia

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya