Comscore Tracker

Jadwal Piala Dunia U-20 2021 Batal Mundur,  PSSI Tunjuk Tiga Stadion

SUGBK, Manahan, Gelora Bung Tomo Bakal gelar Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Keinginan pengunduran jadwal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 yang sempat diutarakan federasi sepak bola Indonesia, PSSI, nampaknya sulit diwujudkan. Hal itu terungkap saat PSSI menggelar rapat dengan Kemenpora, Kemenko PMK, dan unsur pemerintahan lain pada Rabu (22/1) petang WIB.

Awalnya PSSI ingin perhelatan akbar ajang tersebut digelar setelah bulan Mei lantaran terlalu berdekatan dengan Lebaran yang kemungkinan jatuh pada 14 Mei 2021. Hanya saja, Piala Dunia U-20 2021 nampaknya bakal digelar sesuai rencana semula, yakni pada 24 Mei-12 Juni 2021.

"Sebagai catatan, rencana Pemerintah Indonesia dan PSSI untuk mengundurkan waktu di bulan Juli 2021 sepertinya sulit dilakukan, selain karena usai Piala Dunia U-20 2020 akan ada FIFA Club World Cup di China, juga karena setelah itu kompetisi profesional di Eropa dan Amerika sudah mulai bergulir," tulis risalah rapat Kemenpora yang diterima IDN Times.

1. PSSI sudah umumkan tiga dari enam stadion yang bakal menggelar Piala Dunia U-20

Jadwal Piala Dunia U-20 2021 Batal Mundur,  PSSI Tunjuk Tiga StadionIDN Times/Larasati Rey

Sementara berdasarkan laporan dari Sekretaris Jenderal PSSI, stadion yang bakal digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021 akan diselenggarakan di enam tempat setelah sebelumnya hanya empat stadion saja yang ditetapkan FIFA.

Tiga stadion serta pendampingnya sudah dipastikan bakal menggelar ajang tersebut, di antaranya Stadion Utama Gelora bung Karno (SUGBK) dengan pendamping Stadion Pakansari Cibinong, Stadion Manahan Solo dengan pendamping Stadion Mandala Krida Yogyakarta, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan pendamping Stadion I Wayan Dipta Bali.

Tiga stadion sisanya masih belum diumumkan lantaran harus menyiapkan terlebih dahulu stadion lain sebagai pendukung. Renovasi stadion-stadion tersebut harus segera rampung dilakukan lantaran FIFA bakal melakukan inspeksi pada Maret 2020 mendatang.

2. FIFA ajukan syarat suporter yang datang ke stadion di Piala Dunia U-20 2021

Jadwal Piala Dunia U-20 2021 Batal Mundur,  PSSI Tunjuk Tiga StadionRiuhnya pendukung Timnas Indonesia saat menyaksikan tim kesayangan sedang bertanding. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Terkait jadwal drawing dan workshop Piala Dunia U-20 sendiri rencananya bakal digelar pada awal tahun 2021. Kegiatan tersebut rencananya bakal dilaksanakan di Bali.

FIFA juga memberikan syarat kepada tuan rumah Indonesia agar sejak babak penyisihan, kehadiran penonton minimal bisa mencapai 10-20 ribu orang per pertandingan. Maklum, FIFA tak mau kejadian pada ajang serupa yang digelar tahun lalu di Polandia, di mana jumlah penonton yang hadir ke stadion sangat minim.

FIFA ingin Indonesia bisa menyamai capaian yang dilakukan Kolombia pada Piala Dunia U-20 2011 silam. Penonton selalu membeludak di stadion pada setiap pertandingan digelar.

3. Piala Dunia U-20 2021 Indonesia bakal gunakan wasit terbaik dan teknologi VAR

Jadwal Piala Dunia U-20 2021 Batal Mundur,  PSSI Tunjuk Tiga StadionSkySport

Pada ajang Piala Dunia U-20 2021 juga direncanakan bakal menggunakan teknologi VAR yang dibawa langsung oleh mereka. Oleh sebab itu, FIFA ingin setiap stadion yang digunakan beserta pendampingan harus menyediakan VAR Room sehingga memungkinkan tiap tim kesebelasan membiasakan diri dengan peralatan tersebut.

Yang lebih penting, Piala Dunia U-20 nanti bakal lebih istimewa dibandingkan ajang serupa yang digelar sebelumnya. Sebab, wasit-wasit terbaik dunia yang bakal ditugaskan di Piala Dunia 2022 Qatar, bakal diuji terlebih dahulu melalui sentralisasi penugasan di Jakarta.

Baca Juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, PSSI Diminta Cari Sponsor

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya