Comscore Tracker

Jalani Debut Bersama Skuat Garuda di Indonesia, Simon McMenemy Tegang

Simon mengingat betapa menakutkannya pendukung Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia berhasil mempermalukan tamunya Vanuatu enam gol tanpa balas dalam laga uji coba internasional yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (15/6) petang.

Hal tersebut tak lepas dari kepiawaian Simon McMenemy dalam meramu tim kali ini. Padahal, pelatih asal Skotlandia tersebut sedang dilanda ketegangan lantaran baru menjalankan tugasnya untuk pertama kali sebagai pelatih Timnas Indonesia di kandangnya.

"Jujur hari ini saya nervous, meski penonton enggak full. Saya sudah tak sempat memikirkan lawan, saya hanya memikirkan melawan rasa nervous saya saja," terang Simon saat ditanyai kesan pertama menukangi Skuat Garuda di Tanah Air.

1. Simon baru pertama kali menukangi sebuah timnas yang tampil di kandang selama karier kepelatihannya

Jalani Debut Bersama Skuat Garuda di Indonesia, Simon McMenemy TegangIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Tak hanya itu, Simon mengaku bahwa laga tadi adalah pertama kali baginya menukangi sebuah negara tampil di kandangnya. Sebab, sebelumnya hal tersebut belum pernah dirasakannya selama menangani timnas di dua negara Asia Tenggara.

"Saya sebelumnya pernah jadi pelatih Filipina, tapi ini adalah pertandingan home pertama saya sebagai pelatih timnas, 11 kali melatih Filipina saya tak pernah main di kandang," kata pelatih berusia 41 tahun tersebut.

Baca Juga: Dibantai Timnas Indonesia, Pelatih Vanuatu Keluhkan Pemain yang Absen

2. SUGBK banyak berikan kenangan manis bagi Simon

Jalani Debut Bersama Skuat Garuda di Indonesia, Simon McMenemy TegangANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Simon menambahkan, SUGBK banyak memberikan kenangan manis dalam perjalanan kariernya sebagai pelatih. Ia mengingat, saat pertama kali datang ke stadion yang digunakan dalam pembukaan Asian Games 2018 tersebut sembilan tahun silam kala menukangi Filipina di Piala AFF.

Ia tak bisa melupakan atmosfir yang ada saat itu. Menurut dia, dukungan fans Indonesia kala itu sangat menakutkan, terlebih ketika mereka semua terus berteriak sepanjang laga hingga seisi stadion bergemuruh, berjingkrak hingga tribun bergetar dan debu-debu turun ke bench pemain. Hal itu lah yang dinginkan Simon nanti.

3. Simon ingin rasakan atmosfir 2010 di SUGBK kembali

Jalani Debut Bersama Skuat Garuda di Indonesia, Simon McMenemy TegangPersib.co.id/M. Jatnika Sadili

Tak pelak, hal itu membuatnya berharap bisa mengembalikan masa 2010 silam. Apalagi, fan dianggapnya memiliki peran penting dalam sepak terjang Timnas Indonesia, terutama saat berhadapan dengan negara besar macam Australia, Jepang, atau tim-tim kuat lainnya.

4. Beto cetak empat gol dan Evan Dimas dua

Jalani Debut Bersama Skuat Garuda di Indonesia, Simon McMenemy TegangANTARA/Hafidz Mubarak A/pras

Kemenangan Timnas Indonesia sendiri dalam laga uji coba kali ini tak lepas dari permainan Alberto 'Beto' Goncalves yang begitu gemilang. Bagaimana tidak, pemain kelahiran Brasil itu memborong empat gol (1',47',61', dan 65).

Sedangkan, dua gol lainnya berhasil diciptakan oleh pemain kelahiran Surabaya yang kini memperkuat Barito Putera, Evan Dimas lewat brace-nya (19' dan 73').

Baca Juga: Sudah Menang Besar, Simon McMenemy Tetap Evaluasi Timnas Indonesia

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You