Jelang Disumpah, Sandy Walsh Menghafal Lagu Indonesia Raya di Pesawat

Sandy Walsh akan diambil sumpah jadi WNI pada Kamis besok

Jakarta, IDN Times - Sandy Walsh terus mengebut persiapannya untuk jadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dia bahkan terus menghafal lagu kebangsaan Indonesia Raya di dalam perjalanan menuju tanah air.

Sandy sendiri dijadwalkan akan mengambil sumpah sebagai WNI pada Kamis (17/11/2022). Bersama Jordi Amat, dia selangkah lagi bakal mengantongi paspor Indonesia.

“Belajar [lagu kebangsaan] Indonesia Raya dalam penerbangan ke Indonesia,” kata Sandy dalam unggahan Instagram Story miliknya.

1. Sandy Walsh langsung bergegas ke Indonesia usai dapat jadwal pengambilan sumpan WNI

Jelang Disumpah, Sandy Walsh Menghafal Lagu Indonesia Raya di PesawatTangkapan layar Instagram Story Sandy Walsh saat menghafal lagu Indonesia Raya jelang pengambilan sumpan jadi WNI di Jakarta. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Sandy memang langsung bergegas pergi ke Indonesia setelag mendapatkan jadwal untuk di ambil sumpah. Dia langsung terbang ke tanah air pada Selasa, 15 November 2022 dan dijadwalkan tiba pada hari ini, atau Rabu (16/11/2022).

Proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordy Amat memang berjalan panjang. Namun, akhirnya mendapatkan titik terang usai Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) untuk memberikan kedua pemain keturunan itu paspor Indonesia.

Keppres atas nama Sandy (5) dan Jordi (6) pun kemudian diberikan kepada Menpora Zainudin Amali dan Kemenkumham Yassona Laoly. Kemudian, hal itu ditindaklanjuti hingga keduanya tinggal mendapatkan sumpah saja.

Baca Juga: Sandy Walsh dan Jordi Amat Segera Disumpah Jadi WNI, Shayne Menyusul

2. Ketum PSSI kabari Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk ke Indonesia

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kemudian mendapatkan kabar jika jadwal oengambilan sumpah Sandy dan Jordi digelar pada Kamis besok. Alhasil, dia langsung menghubungi kedua pemain untuk bisa segera sampai ke tanah air untuk mengikuti proses tersebut.

“Saya dapat kabar bahwa pada Kamis 17 November, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan diambil sumpah oleh Kemenkumham sebagai WNI. Untuk itu, saya meminta keduanya datang,” tulis pernyataan Iriawan.

3. Proses naturalisasi Shayne Pattynama masih belum akan rampung

Jelang Disumpah, Sandy Walsh Menghafal Lagu Indonesia Raya di PesawatPemain Viking Fk, Shayne Pattynama, merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda yang siap melakukan proses nanturalisasi dan sudah mengirimkan dokumen penunjang demi bisa bela Timnas Indonesia. (Instagram/@s.pattynama)

Dengan pengambilan sumpah ini, kans Sandy dan Jordi tampil di Piala AFF 2022 yang dihelat pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 terbuka. Syaratnya, kedua pemain harus menyandang status WNI sebelum batas waktu pendaftaran pemain, 20 November 2022.

Berbeda dengan Sandy Walsh dan Jordi Amat,  proses naturalisasi Shayne Pattynama tidak bisa rampung dalam waktu dekat. Alhasil, dia pun dipastikan absen membela Indonesia di ajang Piala AFF edisi kali ini.

Baca Juga: Shayne Pattynama Selangkah Lagi Jadi WNI, Susul Sandy Walsh

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya