Jelang Duel Lawan Uzbekistan, Timnas U-20 Sudah Lebih Tenang

Tim besutan Shin Tae Yong menang pada laga kedua

Jakarta, IDN Times - Timnas U-20 Indonesia dinilai sudah tampil baik dalam laga kedua fase Grup A Piala Asia 2022/23. Itu dianggap sebagai modal bagus jelang bersua Uzbekistan di laga pamungkas. 

Dalam laga tersebut, Timnas U-20 berhasil mempecundangi Suriah 1-0 dalam duel yang digelar pada Sabtu, 4 Maret 2023. Gol tunggal Hokky Caraka mampu menjaga kans skuad Garuda bisa melaju ke fase gugur.

"Operan-operan mulai lebih terukur dan tepat sasaran saat dipress oleh para pemain Suriah maupun saat kita melakukan build-up play," ujar pengamat sepak bola, Sapto Haryo Rajasa dalam acara nonton bareng yang digelar oleh aplikasi Helo di area Senayan Park, Jakarta akhir pekan kemarin.

1. Ronaldo Kwateh dan Dzaky dinilai hidupkan sayap Timnas U-20

Jelang Duel Lawan Uzbekistan, Timnas U-20 Sudah Lebih TenangNonton bareng laga Timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023 yang digelar Helo beberapa waktu lalu. (Dok. Helo)

Jika dibandingkan penampilan di laga perdana, Sapto menilai para pemain Timnas U-20 tampil jauh lebih baik. Mereka tak mengalami kepanikan layaknya saat dikalahkan Irak beberapa hari lalu. 

"Kecepatan kedua sayap melalui Ronaldo Kwateh dan Dzaky, dan keputusan dalam melancarkan serangan lewat tengah melalui Hokky Caraka memegang peran krusial dalam membongkar pertahanan lawan," ujar Sapto lagi.

Baca Juga: Shin Tae Yong Sukses Pompa Motivasi Pemain Timnas U-20

2. Kans Timnas U-20 ke babak 8 besar masih terbuka

Jelang Duel Lawan Uzbekistan, Timnas U-20 Sudah Lebih TenangTimnas U-20 lawan Suriah di Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Kemenangan atas Suriah membuat kans Timnas U-20 untuk melaju ke fase gugur masih terbuka. Mereka kini sudah mengoleksi tiga poin, dari dua pertandingan yang sudah dijalani. Butuh satu kemenangan untuk membuat tim besutan Shin Tae Yong bisa sampai ke babak 8 besar. 

Dalam laga terakhir fase Grup A, Selasa (7/3/2023) malam WIB, mereka sudah ditunggu tuan rumah Uzbekistan. Rencananya, laga ini akan dihelat di Stadion Istiqlol, Fergana.

3. Penggawa Timnas U-20 masih fokus ke stamina

Jelang Duel Lawan Uzbekistan, Timnas U-20 Sudah Lebih TenangPemain PSS Sleman, Hokky Caraka. Instagram / pssleman

Hokky menyebut, saat ini para penggawa Timnas U-20 fokus meningkatkan stamina. Dia mengakui, stamina para pemain kurang ketika melawan Suriah, sehingga hal itu berpengaruh pada permainan dirinya dan rekan setimnya.

"Stamina kami masih kurang di laga lawan Suriah, jadi kita recovery untuk laga melawan Uzbekistan. Kami latihan pemulihan otot sama stamina, untuk mengembalikan stamina saat lawan Uzbekistan," ujar Hokky, dilansir situs resmi federasi.

Meski stamina sempat jadi masalah, Hokky mengaku bahwa mental para pemain Timnas U-20 sedang dalam kondisi yang ciamik jelang duel lawan Uzbekistan. Hal itu tak lepas dari kemenangan dengan skor 1-0 yang mereka dapat lawan Suriah.

Baca Juga: Jelang Lawan Uzbekistan, Stamina Jadi Fokus Timnas U-20

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya