Jurnalis Asal AS Meninggal Saat Meliput Piala Dunia 2022

Grant Wahl kolaps saat meliput duel Belanda vs Argentina

Jakarta, IDN Times - Di tengah duel panas Belanda vs Argentina di babak perempat final Piala Dunia 2022, seorang jurnalis Amerika Serikat, Grant Wahl, wafat saat bertugas meliput laga. 

Wahl tutup usia saat sedang meliput laga panas yang dimenangkan Argentina melalui drama adu penalti di Stadion Lusail, Sabtu (10/12/2022). Dia mengalami kolaps sebelum akhirnya meninggal dunia.

Grant Wahl sendiri merupakan mantan jurnalis olahraga Sports Illustrated dan Fox Sports. Terakhir dia tercatat sebagai penulis olahraga di penerbit online Substack.

1. Sempat ditahan lantaran menggunakan simbol LGBT ke pertandingan

Baca Juga: Jurnalis Denmark Dapat Tindakan Represif dari Panitia Piala Dunia 2022

Kakak Wahl, Eric, sempat curiga jika saudaranya tewas dibunuh. Sebab, sebelumnya dia selalu vokal dalam mengkritik kebijakan di Piala Dunia 2022 terkait isu LGBT. 

Naman Wahl bahkan sempat viral di media sosial lantaran ditahan pihak keamanan saat meliput salah satu pertandingan di babak penyisihan menggunakan kemeja berwarna pelangi, yang identik dengan simbol LGBT.

Setelahnya, Wahl bahkan disebut sempat mendapat ancaman pembunuhan. Alhasil, alasan sakit yang membuat saudaranya tewas saat meliput dinilai bukan penyebab sebenarnya.

“Adik saya sehat. Dia sempat berbicara soal ancaman pembunuhan. Saya tak percaya dia meninggal [sakit]. Saya curiga dia dibunuh. Saya mohon bantuan soal ini,” kata Eric dikutip AS.

2. Wahl sempat mendapat pertolongan pertama sebelum dibawa ke rumah sakit

Jurnalis Asal AS Meninggal Saat Meliput Piala Dunia 2022Pemain Qatar dan Ekuador saat menyanyikan lagu kebangsaan sebelum laga pembuka Piala Dunia 2022 digelar. Duel itu pun dimenangkan tim tamu dengan skor 0-2. (Twitter/@QFA_EN)

Kakak Wahl terus mencari tahu soal penyebab adiknya tewas. Menurut dia, informasi yang diterima dari istri Wahl, yakni Celine, sang adik pingsan saat meliput laga Belanda vs Argentina. 

Wahl sendiri sempat menerima penanganan pertama dari petugas medis dan mendapatkan CPR. Lalu dia dibawa ke Rumah Sakit Hamad, tetapi nyawanya tak tertolong.

Namun, kabar itu langsung dibantah. Sebab, Wahl sebelumnya sempat mengeluhkan sakit kepada rekannya di Qatar. 

“Kondisi kesehatan dia belakangan ini terus memburuk. Dia merasakan sesak di dda, terus dia juga merasakan tekanan. Itu sangat terasa buruk,” ujar Chris Wittungham bersaksi.

3. FIFA ikut berduka atas meninggalnya jurnalis AS di Piala Dunia 2022

Jurnalis Asal AS Meninggal Saat Meliput Piala Dunia 2022Presiden FIFA saat ini, Gianni Infantino (fifa.com)

Federasi sepak bola dunia (FIFA) angkat bicara soal meninggalnya Wahl saat bertugas meliput pertandingan. Sang presiden Gianni Infantino menyampakain duka mendalam atas gugurnya sang jurnalis.

"Dengan rasa tidak percaya dan kesedihan yang luar biasa, saya diberitahu soal meninggalnya jurnalis olahraga terkenal Grant Wahl, saat melaporkan pertandingan perempat final selama Piala Dunia 2022 di Qatar," kata Infantino dalam pernyataannya.

Beberapa hari lalu Grant Wahl diakui FIFA dan AIPS lantaran kontribusinya dalam hal pemberitaan, karena datang meliput delapan gelaran Piala Dunia. Namun, kini itu hanya jadi kenangan karena jurnalis ini sudah mengembuskan napas terakhirnya.

Baca Juga: FIFA Minta Maaf Kepada Jurnalis AS, Gara-Gara Baju Pelangi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya