Comscore Tracker

Kompetisi Liga 1 2020 Disetop atau Lanjut, Suara Klub Terbelah

Lebih banyak klub yang ingin kompetisi dihentikan

Jakarta, IDN Times - Sejumlah klub meminta Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) menentukan sikap yang jelas terkait masa depan kompetisi di tengah pandemik COVID-19. Suara tersebut antara lain disuarakan oleh Persebaya.

"Kami sudah menyampaikan masukan kepada PSSI terkait kelanjutan kompetisi. Selain itu, update perkembangan Covid-19 di tempat kami (Surabaya) dan sekitarnya," kata Manajer tim Persebaya, Candra Wahyudi, saat rapat virtual dengan PSSI, PT LIB, dan perwakilan klub, Rabu (27/5).

1. Persipura setuju apa pun keputusan PSSI dan PT LIB

Kompetisi Liga 1 2020 Disetop atau Lanjut, Suara Klub Terbelahtua Umum Persipura Jayapura sekaligus Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano menyerahkan jersey kepada Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wena usai penandatanganan komitmen kerja sama untuk musim kompetisi Liga 1 musim 2020. Antara/Dok. Istimewa

Berbeda dengan Persebaya dan mayoritas klub Liga 1 lain, Persipura memilih abstain dan secara tersirat menunjukkan sikap lebih santai. Mereka memastikan bakal mengikuti keputusan terbaik yang akan diberikan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) nantinya.

"Persipura tidak masalah bila kompetisi harus berhenti atau lanjut, kami sudah siap dengan dua opsi tersebut," kata Asisten Manajer Persipura, Bento Madubun.

Kondisi di Jayapura sendiri sampai saat ini masih belum memungkinkan untuk menggelar pertandingan, lantaran transportasi udara yang jadi andalan ke wilayah sana saja masih lumpuh.

2. PT LIB sudah siapkan skema jika kompetisi berhenti atau dilanjutkan

Kompetisi Liga 1 2020 Disetop atau Lanjut, Suara Klub TerbelahLaunching Liga 1 2020. (liga-indonesia.id).

Di sisi lain Plt Dirut, Sudjarno, memberikan apresiasi kepada klub-klub yang memberikan saran serta masukan pada rapat virtual kali ini. Setelah ini PT LIB membuat kesimpulan untuk diserahkan kepada PSSI.

"Kami sudah menyiapkan skema atau opsi bila kompetisi dihentikan atau lanjut. Tapi semua wewenang ada di PSSI," beber Sudjarno.

3. Berikut adalah sikap klub terkait kelanjutan kompetisi Liga 1 2020

Kompetisi Liga 1 2020 Disetop atau Lanjut, Suara Klub TerbelahIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Setuju kompetisi Liga 1 2020 dilanjutkan

Persiraja, Borneo FC (meminta subsidi dinaikkan dan negosiasi kontrak), Persib (ada penerapan protokol kesehatan ketat), Bali United (negosiasi gaji), TIRA-Persikabo (format baru, subsidi dinaikkan dan negosiasi kontrak).

Tak setuju kompetisi Liga 1 2020 yang sudah berjalan dilanjutkan

Madura United, Persebaya, PSIS Semarang, Bhayangkara FC, PSM Makassar (diganti home tournament), Persita (diganti home tournament), Persik (diganti home tournament), Barito Putera (lanjut kompetisi format baru), Persela (lanjut kompetisi format baru dan negosiasi kontrak), Arema FC (tetap mau jika kompetisi lanjut dengan syarat subsidi dinaikan dan negosiasi kontrak), Persija (tetap mau jika kompetisi lanjut dengan syarat subsidi dinaikan dan negosiasi kontrak), PSS (lanjut kompetisi format baru atau jika stop dan ada turnamen tim tidak wajib ikut).


Abstain terkait masa depan Liga 1 2020

Persipura (mengikuti keputusan apapun dari PSSI dan PT LIB).

Baca Juga: Usai Rapat Exco, PSSI Belum Tentukan Masa Depan Liga 1 dan Liga 2

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya