Kriteria Shin Tae Yong Pilih Pemain untuk Piala Dunia U-20

Pemain Persib berambisi bela Timnas di Piala Dunia U-20

Jakarta, IDN Times - Timnas U-18 sudah mulai menggelar pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya, Jakarta, Senin (30/8/2021). Pelatih Shin Tae Yong pun langsung memberikan menu latihan fisik kepada skuad Garuda Muda yang berpartisipasi dalam TC kali ini.

TC Timnas U-18 bakal dilangsungkan hingga 11 September 2021. Selain 36 pemain ini, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bakal kembali memanggil 36 pemain lainnya, untuk menjalani TC periode kedua dalam kurun waktu tersebut.

“Saya memantau dan melihat kualitas dari para pemain yang dipanggil. Kemudian nanti kalau ada pemain yang bagus, akan kami pilih,” kata Shin dalam rilis resmi PSSI, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Liga 1 Tak Ganggu Agenda Timnas di Piala AFF dan Playoff Piala Asia

1. Kriteria Shin Tae Yong dalam menyeleksi pemain Timnas U-18

Kriteria Shin Tae Yong Pilih Pemain untuk Piala Dunia U-20Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Untuk menyeleksi pemain-pemain terbaik yang diproyeksikan masuk dalam skuad Timnas U-20 di Piala Dunia 2023, Shin pun memberikan kriteria untuk bisa menentukan siapa yang masuk.

Hal itu dilakukan agar Timnas Indonesia punya pemain-pemain yang bisa bersaing dalam turnamen sepak bola antarnegara paling elite di kelompok umur itu. 

“Mereka yang harus memiliki postur tubuh bagus, kita juga mencari pemain yang bisa bersaing dengan kualitas pemain lain di dunia, karena nanti kita akan bermain di Piala Dunia U-20 di mana tim-tim yang bermain adalah tim yang sangat berkulitas,” ujar Shin.

2. Pemain menunjukkan antusiasme tinggi dalam latihan

Kriteria Shin Tae Yong Pilih Pemain untuk Piala Dunia U-20Latihan Tim Nasional U-16 di Stadion Patriot Bekasi (IDN Times/Herka Yanis)

Pada latihan perdana kali ini, Shin langsung memberikan menu latihan fisik kepada 36 pemain yang mengikuti TC tahap pertama ini. Walau terlihat lelah, antusiasme para pemain dalam latihan terlihat sangat baik. Mereka bersemangat melahap menu latihan yang diberikan Shin. 

“Tadi walau pemain terlihat sangat letih, tapi semangat mereka bagus. Dan saya sangat senang dengan apa yang sudah mereka tunjukkan tadi di lapangan,” bebernya.

Ia pun meminta anak didiknya terus bisa menjaga hasil baik ini. Ia juga meminta seluruh pemain, tak mudah menyerah dan memiliki kemauan kuat untuk menunjukkan kualitas terbaiknya bersama Timnas U-18.

3. Penggawa Persib ingin jadi pilihan utama

Kriteria Shin Tae Yong Pilih Pemain untuk Piala Dunia U-20Timnas U-18 menggelar latihan perdana yang dipimpin SHin Tae Yong dalam TC yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, Senin (30/8/2021). (pssi.org).

Sementara, pemain jebolan Garuda Select yang juga merupakan penggawa Persib, Kakang Rudianto memastikan, target utamanya adalah bisa menjadi pilihan utama Shin di Timnas Indonesia dan masuk skuad Piala Dunia U-20. Walhasil, ia pun bakal memberikan yang terbaik dalam setiap latihan yang dilakukan. 

“Untuk itu, saya tidak akan menyerah, dan berkemauan keras agar bisa masuk kedalam tim nasional. Target saya bisa dipilih oleh coach Shin dan bisa memberikan yang terbaik untuk negara,” kata Kakang yang berambisi memberikan prestasi terbaik untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga: Timnas U-18 Gelar TC di Jakarta untuk Persiapan Piala Dunia U-20

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya