Liga 1 Putri 2019 Resmi Digelar, PSSI Apresiasi Klub

Klub dianggap membantu perkembangan sepak bola wanita

Jakarta, IDN Times - Sepak bola kompetisi Liga 1 Putri 2019 resmi dibuka lewat duel TIRA-Persikabo yang bentrok dengan tuan rumah PSS Sleman dalam laga yang dihelat di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (5/10).

Kompetisi ini begitu istimewa bagi sepak bola Indonesia. Maklum, kompetisi tersebut tercatat dalam sejarah lantaran untuk pertama kalinya Indonesia mempunyai kompetisi sepak bola putri.

Baca Juga: Duh! Sepak Bola Putri Indonesia Dibantai Korea Selatan 0-12

1. Ratu Tisha ucapkan terima kasih kepada klub

Liga 1 Putri 2019 Resmi Digelar, PSSI Apresiasi Klubpssi.org

Tak pelak, apresiasi pun diberikan PSSI kepada para pesertanya. Sebab, mereka mampu membantu PSSI dalam pengembangan dan pembinaan sepak bola putri di Tanah Air.

"Kepada klub peserta, kami sampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi. Mari sama-sama kita bangkitkan sepak bola wanita di Indonesia dengan kompetisi yang sehat dan berkelanjutan," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria dilansir laman resmi PSSI.

2. Masih 10 klub yang berpartisipasi di Liga 1 putri musim ini

Liga 1 Putri 2019 Resmi Digelar, PSSI Apresiasi Klubpssi.org

Pada gelaran perdananya ini, Liga 1 Putri 2019 diikuti 10 klub. Masing-masing klub tersebut adalah tim yang tampil di kompetisi kasta tertinggi Indonesia, macam Persib Bandung, Persija Jakarta, PSS Sleman, PSM Makassar, Persipura Jayapura, Arema FC, Bali United, Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, dan TIRA-Persikabo.

Kompetisi ini menggunakan sistem home turnamen yang dibagi dalam dua grup, masing-masing Grup A dan Grup B. Masing-masing tiim akan bermain empat kali dalam penyisihan grup. Dua tim peringkat atas masing-masing grup akan melaju ke semifinal. 

3. TIRA-Persikabo berhasil memenangkan laga pembuka

Liga 1 Putri 2019 Resmi Digelar, PSSI Apresiasi Klubpssi.org

Pertandingan Grup A antara tuan rumah PSS Sleman versus PS Tira Persikabo menjadi laga berhasil dimenangkan tim tamu dengan skor telak 3-1 dalam laga pembuka kemarin.

Liga gol TIRA-Persikabo dicetak oleh Insyafadya Salsabila pada menit ke-21, Baiq Amiatun, 30, dan Helsya Maeisyaroh, 41. Adapun satu gol tuan rumah dihasilkan dari titik penalti yang dieksekusi Dhia Putri, 50.

Baca Juga: Timnas Putri Gagal Bersinar, PSSI Rencana Adakan Liga Sepak Bola Putri

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya