Naturalisasi Hampir Rampung, Marc Klok Tak Sabar Bela Timnas Indonesia

Marc Klok diproyeksikan masuk skuat Timnas Indonesia Senior

Jakarta, IDN Times - Pemain Persija yang baru saja mendapatkan lampu hijau untuk segera merampungkan proses naturalisasi, Marc Anthony Klok sangat gembira akhirnya mendapatkan persetujuan dari pemerintah untuk segera mengantongi paspor Indonesia.

“Terima kasih kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) dan pihak-pihak yang telah membantu saya dalam proses naturalisasi ini. Saya merasa senang, semua proses yang sudah dilakukan bisa berjalan dengan lancar," kata Marc Klok dalam rilis resmi PSSI, Selasa (6/10/2020).

"Selama ini, saya menikmati bisa bermain di Liga Indonesia serta tertarik juga dengan kultur budaya Indonesia yang dikenal dengan keramahannya. Saya berharap memperkuat dan meraih prestasi bersama Timnas Indonesia nantinya,” lanjut pemain berdarah Belanda tersebut.

1. Ketum PSSI akan manfaatkan talenta Marc Klok

Naturalisasi Hampir Rampung, Marc Klok Tak Sabar Bela Timnas IndonesiaKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat diwawancarai di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (9/2). IDN Times/Fitria Madia

Sementara, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menyebut jika PSSI pun menyambut untuk segera menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).Terlebih, pemain berusia 27 tahun itu sudah diproyeksikan untuk bisa masuk dalam skuat Timnas Indonesia.

"PSSI ikut senang Marc Klok selangkah lagi menjadi warga negara Indonesia. Tentu ini hal yang positif bagi PSSI karena Klok bisa saja dipanggil memperkuat Timnas Indonesia. Klok merupakan pemain hebat, dia sudah menunjukkan talentanya saat bermain di beberapa liga di Eropa, lalu PSM Makassar dan saat ini bermain di Persija Jakarta,” ujar Iwan Bule.

Proses naturalisasi ini tentu sesuai dengan apa yang diungkapkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk membantu percepatan perubahan kewarganegaraan Indonesia untuk membantu olahraga Indonesia lebih berprestasi.

2. PSSI tak akan sembarangan lakukan proses naturalisasi

Naturalisasi Hampir Rampung, Marc Klok Tak Sabar Bela Timnas IndonesiaSlide webinar PSSI x IDN Times tentang naturalisasi pemain (IDN Times/Isidorus Rio)

Namun demikian, mantan Plt Gubernur Jawa Barat tersebut mengungkapkan jika tak semua pemain asing dapat dengan mudah mengubah statusnya jadi WNI. Menurut dia, PSSI lebih selektif dalam menyetujui program naturalisasi pemain.

“Kami tidak sembarangan mengajukan proses naturalisasi. Pemain yang benar-benar memiliki skill, teknik serta attitude yang mumpuni dan bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia yang akan diajukan proses naturalisasi oleh PSSI,” bebernya.

Baca Juga: Jadi WNI Marc Klok Tak Lama Lagi Perkuat Timnas 

3. Menkumham sudah kabulkan permohonan naturalisasi Marc Klok

Naturalisasi Hampir Rampung, Marc Klok Tak Sabar Bela Timnas IndonesiaPemain Persija, Marc Klok. (persija.id).

Sebelumnya, proses naturalisasi, Marc Anthony Klok sudah dipastikan segera rampung. Pemerintah sudah memberikan lampu hijau untuk pemain Persija tersebut segera mengantongi paspor Indonesia. Sehingga, Marc Klok bisa segera Berseragam Timnas Indonesia.

Namanya masuk dalam daftar empat orang yang diajukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk segera mengambil sumpah jadi WNI bersama tiga atlet basket dalam rapat kerja virtual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Komisi III DPR, Kemenpora, Ketua Umum PSSI, serta Ketua Umum PB Perbasi pada Senin (5/10/2020).

"Pemerintah RI mendukung pemberian kewarganegaraan RI yang dimohonkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga atas nama Brandon Van Dorn Jawato, Kimberly Pierre-Louis, Lester Prosper, serta Marc Anthony Klok,” kata Menkumham, Yasonna Laoly, dikutip dari siaran persnya.

4. Harapan Yasonna untuk atlet naturalisasi

Naturalisasi Hampir Rampung, Marc Klok Tak Sabar Bela Timnas IndonesiaMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) bersama Menkumham Yasonna Laoly (tengah) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) menghadiri pembahasan tingkat II RUU Cipta Kerja pada Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/10/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Yasonna pun mengungkapkan harapannya kepada keempat atlet tersebut agar memberikan prestasi yang lebih baik dan mengharumkan bangsa Indonesia. Dia ingin olahraga basket dan sepak bola bisa menjadi andalan seperti bulu tangkis di semua ajang level internasional.

"Indonesia memang sudah berprestasi di level internasional. Tetapi pada beberapa cabang lainnya seperti bola basket dan sepak bola, kita masih membutuhkan bakat-bakat dari negara lain yang mau mengabdikan dirinya bagi Tanah Air," ujar Yasona.

Pada rapat tersebut, Komisi III DPR pun langsung memberikan persetujuan dari permohonan naturalisasi Marc Klok dan tiga atlet basket tersebut. Untuk selanjutnya, keempat pemain tersebut langsung diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Diberi Lampu Hijau Pemerintah, Marc Klok Segera Jadi WNI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya