Masih Dikepung Corona, Timnas Vietnam Mulai Berlatih September

Timnas Indonesia belum punya jadwal latihan lagi

Jakarta, IDN Times - Pandemik virus corona membuat aktivitas olahraga terhenti, salah satunya kualifikasi Piala Dunia 2022. Beberapa tim pun harus menunda pemusatan latihan mereka. Karena, selain menghindari risiko wabah ini, jadwal pertandingan pun belum ditentukan.

Sebelumnya FIFA menunda pertandingan lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang semula digelar Maret-Juni 2020. Ini tak lain akibat wabah virus corona yang tengah melanda dunia.

1. Timnas Vietnam akan berlatih dan uji coba pada September

Masih Dikepung Corona, Timnas Vietnam Mulai Berlatih SeptemberKiprah para pemain Vietnam di Piala Asia 2019 lalu. the-afc.com

Juara Piala AFF 2018, Vietnam yang terkena dampak corona pun harus bersabar. Mereka baru akan kembali berlatih pada September 2020, karena mereka bersiap-siap untuk pertandingan putaran berikutnya untuk kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Jika tidak ada perubahan, tim nasional akan memulai kamp pelatihan mereka pada September untuk mempersiapkan pertandingan pada bulan Oktober dan November," kata Le Hoai Anh, sekretaris jenderal VFF dikutip laman resmi ASEAN Football.

"Pada masa persiapan itu, mereka juga disebutkan akan mengagendakan pertandingan persahabatan sebelum pertandingan di kualifikasi Piala Dunia," lanjur pernyataan resmi tersebut.

2. Timnas Vietnam paling dominan

Masih Dikepung Corona, Timnas Vietnam Mulai Berlatih SeptemberTwitter/@afcasiancup

Vietnam merupakan kontestan yang tampil konsisten sepanjang kampanye ini dimulai. Mereka sejauh ini ada di puncak klasemen Grup G dengan torehan 11 dalam lima pertandingan yang sudah dijalankan. Unggul atas Malaysia (9 poin) dan Thailand (8 poin) yang ada di bawahnya.

Selanjutnya, Timnas Vietnam akan menghadapi Malaysia pada Oktober 2020 di Kuala Lumpur sebelum pertandingan kandang melawan Indonesia dan kemudian Uni Emirat Arab pada November nanti.

3. Skuat Garuda juru kunci

Masih Dikepung Corona, Timnas Vietnam Mulai Berlatih SeptemberIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sementara, Timnas Indonesia masih belum menentukan kembali kapan akan memulai latihan. Sebab, sejauh ini Indonesia masih dalam status tanggap darurat akibat wabah berbahaya itu. Sehingga, Shin Tae-yong kesulitan untuk menggelar pemusatan latihan.

Skuat Garuda memang tak punya peluang untuk lolos ke fase selanjutnya lantaran lima kali mengalami kekalahan dalam babak tersebut dengan torehan nol poin.

Namun demikian Shin Tae-yong memastikan Timnas Indonesia untuk tetap tampil serius pada tiga laga yang tersisa, yakni saat dijamu Thailand, menjamu UEA, dan bertandang ke markas Vietnam.

Baca Juga: Bulan Ini, Timnas U-16 Mulai TC dan Uji Coba Lawan Timnas India

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya