Comscore Tracker

Matthew Steenvoorden Berambisi Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Steenvoorden siap tanggalkan kewarganegaraan Belanda

Jakarta, IDN Times - Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Matthew Steenvoorden, punya asa pada tahun 2020 ini. Ia mau mencari kesempatan tampil untuk Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020 yang dihelat Desember mendatang.

"Jika saya mendapatkan kesempatan tersebut, pastinya saya akan ambil. Saya pikir bermain di turnamen tersebut (Piala AFF) akan menjadi sebuah pengalaman yang indah," kata Steenvoorden eksklusif kepada IDN Times.

1. Steenvoorden tengah mencoba kesempatan untuk bisa dinaturalisasi

Matthew Steenvoorden Berambisi Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020Matthew Steenvoorden, bermimpi bisa bela Timnas Indonesia. IDN Times/ Dok. Istimewa

Sejauh ini, pemain berusia 26 tahun tersebut terus berusaha mencari kesempatan untuk bisa segera mendapatkan paspor WNI. Ia pun menyebut sudah menjalin komunikasi dengan federasi sepak bola Indonesia, yakni PSSI,terkait peluangnya untuk segera diambil sumpah.

Namun, sejauh ini belum ada perkembangan signifikan terkait sejauh mana peluangnya untuk bisa dinaturalisasi. Steenvoorden masih sabar dan menantikan bisa mengganti kewarganegaraannya dari Belanda ke Indonesia.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Matthew Steenvoorden: Aku Ingin Main di Timnas Indonesia!

2. Steenvoorden sebut keluarganya bakal bangga jika ia bisa membela Timnas Indonesia

Matthew Steenvoorden Berambisi Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020Matthew Steenvoorden, bermimpi bisa bela Timnas Indonesia. IDN Times/ Dok. Istimewa

Kedua orang tuanya, diakui Steenvoorden sangat mendukungnya untuk mendapatkan paspor Indonesia. Bahkan, ia mengaku kalau kedua orang tuanya, dan kakeknya yang merupakan orang Indonesia tulen lantaran lahir di Semarang, Jawa Tengah, akan bangga melihatnya berseragam Merah-Putih.

"Keluarga ingin melihat saya membela Timnas Indonesia, karena itu merupakan sesuatu yang indah," ujar pemain HNK Gorica, klub kasta tertinggi Liga Kroasia tersebut.

3. Steenvoorden singung klub Liga 1 seperti Persija, Persib, hingga Bali United

Matthew Steenvoorden Berambisi Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020Matthew Steenvoorden, bermimpi bisa bela Timnas Indonesia. IDN Times/Dok. Istimewa

Sebelumnya, Steenvoorden sempat mengungkapkan keinginan untuk merumput bersama salah satu klub di Tanah Air. Menurut dia, Liga 1 memiliki kompetisi yang cukup baik. Terlebih, Liga 1 sangat populer di Indonesia lantaran setiap pertandingan banyak ditonton oleh suporter setiap klub.

Menurut dia, beberapa tim di Liga 1 memiliki suporter yang sangat besar bahkan lebih besar dari beberapa klub di Eropa, seperti Persib, Persija, sampai Bali United yang yang didukung suporter cukup gila. Hal itu yang dinilai Matthew Steenvoorden membuat Liga 1 setiap tahunnya terus berkembang.

Baca Juga: Matthew Steenvoorden ke Shin Tae-yong: Beri Saya Kesempatan di Timnas

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya