Comscore Tracker

Meksiko Menang, tapi Tetap Gagal ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Luis Chavez cetak gol gemilang melalui sepakan bebas

Jakarta, IDN Times - Meksiko gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Walau bisa memenangkan duel melawan Arab Saudi 2-1 di Stadion Lusail, Kamis (1/12/2022) dini hari, skuad El Tri tetap tak bisa merebut tiket dari Polandia.

Gol kemenangan Meksiko dalam duel kali ini dihasilkan oleh Henry Martin (47') dan Luis Cavez (52'). 

Sejak laga dimulai, Arab Saudi harus berjuang keras menghadapi gempuran Meksiko di babak pertama. Tim besutan Herve Renan langsung dibuat repot dengan tekanan yang diberikan lawannya kali ini.

Meksiko beberapa kali mampu membuat peluang emas. Di antaranya melalui Alexis Vega hingga Hirving Lozano. Namun, tak ada satupun peluang yang bisa dimanfaatkan menjadi gol.

Skuad El Tri terus menekan Arab Saudi usai laga memasuki menit 35. Tak jarang para pemain mereka mendapatkan peluang melalui sepakan bebas lantaran para pemainnya yang terpaksa dilanggar. Namun, masih saja usaha mereka buntu.

Meksiko terus menekan lawannya di sisa waktu babak pertama. Namun, mereka masih tergesa-gesa dalam penyelesaian akhir hingga gagal mencetak gol. Alhasil, hingga turun minum, skor antara Arab Saudi melawan Meksiko tak berubah 0-0.

Usai turun minum, Meksiko langsung tancap gas. Mereka berhasil membobol gawang Arab Saudi melalui Henry Martin saat babak kedua baru berjalan dua menit saja. Skor berubah untuk keunggulan meksiko 0-1.

Tujuh menit berselang, Meksiko mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini, gol itu diciptakan Luis Chavez melalui tendangan bebas. Sepakan indahnya melesat tajam dan tak bisa dijangkau Mohammed Alowais.

Kepercayaan diri pemain Meksiko meningkat. Hirving Lozano kembali bisa membobol gawang Alowais menit 55. Hanya saja, gol itu dianulir karena hakim garis mengagkat bendera tanda offside.

Arab Saudi yang sudah tertinggal, merespons dengan tampil lebih agresif. Mereka mulai bisa menciptakan beberapa ancaman berbahaya. Namun, sampai laga memasuki menit 65, gawang Gullermo Ochoa tetap perawan.

Arab Saudi benar-benar dibuat mati kutu oleh penggawa Meksiko yang tampil gemilang. Mereka hampir kembali kebobolan untuk ketiga kalinya dalam duel ini. Beruntung, sepakan voli Henry Martin pada menit 70 masih melambuing tipis di atas mistar gawang Arab Saudi.

Dominasi Meksiko terus berlanjut hingga laga memasuki menit 80. Walau Arab Saudi beberapa kali bisa mencuri kesempatan melalui serangan balik, kondisi ini tak mengubah jalannya pertanidngan. Kedudukan masih 0-2 untuk keunggulan Meksiko.

Meksiko lagi-lagi mendapat peluang melalu tendangan bebas di depan kotak penalti Arab Saudi pada menit 82. Namun, eksekusi Chavez kali ini tak sebaik saat mencetak gol sebelumnya. Sehingga tak ada gol tambahan untuk Meksiko.

Mereka sebetulnya bisa mencetak gol ketiga ke gawang Arab Saudi pada menit 86. Uriel Antuna berhasil membobol gawang Alowais usai menerima through pass dari rekannya. Namun, gol itu dianluir wasit lantaran posisi Antuna lebih dulu offside.

Di sisa waktu babak kedua, Meksiko sebetulnya terus berusaha menambah keunggulan atas Arab Saudi. Namun, mereka kecolongan lewat gol kejutan yang diciptakan Salem Aldawsari. Kedudukan berubah 1-2.

Tak lama usai gol itu, peluit panjang pertandingan dibunyikan. Duel Arab Saudi melawan Meksiko berakhir dengan skor 1-2.

Kemenangan ini membuat Meksiko otomatis gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Mereka gagal menjadi runnerup menemani Argentina, lantaran kalah produktivitas gol dari Polandia yang diuntungkan walau kalah di laga terakhir Grup C.

Baca Juga: Arab Saudi Ditahan Meksiko Tanpa Gol di Babak I

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya