Comscore Tracker

Menanti Kejutan Persebaya Surabaya di Liga 1, Akankah Lebih Moncer?

Amildo Balde mampu gantikan peran David da Silva

Jakarta, IDN Times - Persebaya Surabaya semakin menunjukkan perkembangannya usai promosi ke Liga 1 tahun 2016 lalu. Kini, mereka jadi salah satu tim yang diperhitungkan untuk jadi kampiun di kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air musim ini.

Memulai debutnya di Liga 1 tahun lalu, langkah skuat Bajul Ijo --julukan Persebaya-- tak jelek-jelek amat. Secara mengejutkan Irfan Jaya dan kolega mampu mengakhiri kompetisi di peringkat lima. Padahal, mereka sempat terseok di awal kompetisi.

Lalu bakal seperti apakah performa mereka di Liga 1 2019 musim ini?

1. Persabaya tampil bagus di ajang pramusim

Menanti Kejutan Persebaya Surabaya di Liga 1, Akankah Lebih Moncer?persebaya.id

Jika melihat penampilan Persebaya dalam turnamen pramusim, rasa optimistis pasti dirasakan Bonek --pendukukung Persebaya-- dalam menghadapi musim ini. Sebab, mereka bisa tampil meyakinkan hingga melangkah ke babak final Piala Presiden 2019.

Walaupun harus kalah di babak final oleh musuh bebuyutannya Arema FC, apresiasi tinggi patut diberikan pada para penggawa Persebaya karena telah menunjukkan penampilan memukau di turnamen tersebut.

2. Persebaya jadi tim paling produktif kedua di Piala Presiden 2019

Menanti Kejutan Persebaya Surabaya di Liga 1, Akankah Lebih Moncer?IDN Times/Enggal Hendy Wardhana

Produktivitas klub kebanggaan masyarakat Surabaya itu pun cukup baik karena bisa menciptakan 15 gol di Piala Presiden. Mereka hanya kalah produktif dari Arema FC saja yang berhasil mencetak 23 gol sekaligus menjadi juara pada turnamen yang sudah digelar sebanyak empa kali itu.

Produktivitas Persebaya tersebut tentu jadi sinyal positif jelang bergulirnya Liga 1. Terlebih, mereka sempat kehilangan bomber paling subur, David da Silva, karena hengkang ke Liga Iran. Beruntung mereka bisa mendatangkan suksesornya, Amildo Balde, yang berhasil buktikan diri dengan torehan empat golnya di Piala Presiden.

3. Persebaya punya komposisi pemain lebih baik dari musim sebelumnya

Menanti Kejutan Persebaya Surabaya di Liga 1, Akankah Lebih Moncer?IDN Times/Enggal Hendy Wardhana

Untuk urusan komposisi pemain pun, nampaknya tim besutan Djadjang Nurdjaman ini punya skuat yang lebih baik. Hal itu bisa dilihat dari daftar pemain yang berhasil di daratkan ke Surabaya, macam Gelandang Bolovia, Damian Lizio, Hansamu Yama Pranata, Manuchehr Jalilov dll.

Tentu itu akan menambah kokoh kedalaman tim yang sudah dihuni oleh Otavio Dutra, Irfan Jaya, Ruben Sanadi dan kolega. Sehingga, bisa membuat skuat Persebaya lebih kompetitif menghadapi kompetisi kali ini.

4. Djajang Nurdjaman bisa bawa perubahan di Persebaya

Menanti Kejutan Persebaya Surabaya di Liga 1, Akankah Lebih Moncer?Persebaya.id/Satrio Wicaksono

Hal itu diperkuat dengan kecerdikan Djadjang Nurdjaman yang mulai bisa menyatukan pemain lama dan pemain baru. Hal itu bisa dinilai dari cara Bermain Persebaya dalam turnamen pramusim dan beberapa laga uji coba.

Djanur, sapaan akrab Djadjang, memang banyak memberi perubahan bagi Persebaya. Selain pernah jadi salah satu pelatih lokal yang sukses membawa klubnya jadi juara di Liga Indonesia, ia yang ditunjuk untuk menggantikan Alfredo Vera juga mampu membuktikan dan menjawab keraguan Bonek terhadapnya. 

Dalam urusan kecerdikan menentukan taktik, Djanur pun nampaknya diperkaya banyak ilmu. Maklum, ia telah menyelesaikan kursus lisensi kepelatihan AFC Pro dan itu jadi modal penting bagi dia dalam meramu tim.

Hal itu tentu jadi jaminan Persebaya bisa moncer dan kembali diperhitungkan di kancah sepakbola Nasional.

 

Daftar pemain Persebaya di Liga 1 2019

Kiper: Miswar Saputra, Imam Arief Fadillah, Abdul Rohim.

Belakang: Novan Sasongko, Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Rachmat Irianto, Ruben Sanadi

Gelandang: Nelson Alom, Muhammad Hidayat, Misbakus Solikin, Elisa Basna, Alwi Slamat, Damian Lizio, Fandi Eko Utomo, Rendi Irwan

Depan: Amido Balde, Oktafianus Fernando, Irfan Jaya, Osvaldo Haay, Manuchehr Jalilov

Baca Juga: Tundukkan Persebaya, Arema FC Ukir Rekor di Piala Presiden 2019

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Ilyas Listianto Mujib

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 01:15:06

Progress: 749.465 dari 813.350 TPS (92.14545%)

Just For You