Mengintip Kans Timnas U-15 Lolos ke Fase Gugur Piala AFF 2019

Jika menang atas Timor Leste, timnas naik posisi pertama

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-15 mampu tampil baik dalam dua laga perdananya di Piala AFF U-15 2019 yang digelar di Thailand dengan meraih poin sempurna. Usai mengalahkan Vietnam 2-0 di laga perdana, mereka mampu meraih tripoin dalam laga kedua melawan Singapura dengan skor 3-0.

Dua kemenangan tersebut membuat Timnas U-15 menduduki peringkat kedua klasemen Grup A dengan enam poin dari dua laga yang berhasil dijalani. Lalu, bagaimana peluang mereka untuk lolos ke fase gugur?

Kans untuk bisa meraih satu tiket dan menjadi juara grup sebetulnya masih sangat terbuka bagi skuat Garuda Muda di turnamen ini. Sebab, mereka memiliki poin yang sama dengan sang pemuncak klasemen sementara, yakni Timor Leste, yang tampil mengejutkan dengan raihan poin yang sama, tapi memiliki produktivitas gol lebih baik.

1. Dua tim yang belum pernah kalah bakal bentrok di laga ketiga

Mengintip Kans Timnas U-15 Lolos ke Fase Gugur Piala AFF 2019pssi.org

Keduanya bakal saling sikut dalam laga yang bakal digelar, Rabu (31/7). Jika dalam duel besok Timnas U-15 mampu meraih kemenangan, kedigdayaan tim besutan Bima Sakti ini bakal semakin terlihat di turnamen ini.

Hal itu sekaligus membuat mereka bakal mengoleksi sembilan poin, yang artinya bakal sulit dikejar para pesaingnya di dua laga sisa terakhir.

Bima Sakti tentu tak ingin melewatkan duel panas nanti tanpa hasil maksimal.

"Saya berharap kemenangan ini (melawan Singapura) dapat memotivasi pemain untuk menghadapi Timor Leste," kata dia dilansir dari laman resmi federasi sepakbola ASEAN.

Baca Juga: Seleksi Timnas U-16, Bima Sakti Coret 13 Pemain Termasuk Tristan Alif

2. Jika menang atas Timor Leste, langkah Timnas U-15 bakal lebih ringan

Mengintip Kans Timnas U-15 Lolos ke Fase Gugur Piala AFF 2019aseanfootball.org

Jika diasumsikan demikian, langkah Timnas U-15 untuk bisa menjadi juara grup serta bisa memilih lawan yang lebih ringan di babak gugur nanti bakal semakin besar. Apalagi, di dua laga sisa mereka tinggal berhadapan dengan Myanmar dan Filipna yang bisa dibilang memiliki kekuatan di bawah pasuka Merah-Putih.

Motivasi pemain pun bisa bertambah besar karena beban mereka akan sedikit terangkat jika mampu meraih kemenangan ketiga dalam laga nanti.

3. Laga melawan Timor Leste tak akan dijalani anak asuh Bima Sakti dengan mudah

Mengintip Kans Timnas U-15 Lolos ke Fase Gugur Piala AFF 2019aseanfootball.org

Namun demikian, Bima Sakti merasa laga yang bakal dijalani timnya melawan negara tetangga itu tak akan berjalan mudah. Maklum, mereka juga tampil mengejutkan dengan meraih kemenangan besar atas Filipina 7-1 di laga perdana dan menumbangkan Myanmar 3-1.

Hal itu, lanjut Bima, menunjukkan bahwa calon lawannya itu bukanlah tim sembarangan.

"Saya selalu ingatkan kepada pemain untuk tak jemawa karena pertandingan melawan Timor Leste akan lebih berat," ujar Bima Sakti seakan menyiratkan lawan yang dihadapi dalam laga ketiga sangat diwaspadai.

4. Skuat Garuda Muda berjanji berikan yang terbaik untuk bangsa dan negara

Mengintip Kans Timnas U-15 Lolos ke Fase Gugur Piala AFF 2019Twitter/@PSSI

Terlepas dari beratnya duel yang bakal dilalui oleh Marcelino Ferdinan dan kolega, optimisme tinggi tetap digaungkan seluruh penggawa Timnas U-15. Segala persiapan pun terus dilakukan untuk bisa menjaga kondisi fisik pemain tetap fit.

"Seperti biasa, kami akan fokus pemulihan. Semoga anak-anak tetap bisa fit dan menjaga konsistensi. Kami berjanji terus berjuang memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara," tukas eks pemain Persiba tersebut.

Baca Juga: Raih Dua Kemenangan, Timnas Indonesia U-15 Belum Bisa Naik Posisi 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya